FAUZIAH, ELA (2017) MAKNA LOGO GOOGLE DALAM IDENTITAS KORPORASI YANG BERKESINAMBUNGAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES S PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Hal Cover.pdf Download (31MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (BAB II)
04.Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text (BAB III)
05.Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (BAB IV)
06.Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text
07.Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
Abstract
Logo adalah identitas perusahaan dalam bentuk gambar atau simbol yang dimana setiap bentuk dan warna mengkomunikasikan strategi , visi dan misi perusahaan. Salah satu perusahaan yang konsisten memperhatikan bentuk logo nya adalah Google. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanda, petanda dan makna yang tercipta dari logo baru Google melalui font atau jenis huruf, bentuk, gambar dan warna dalam membentuk identitas perusahaan yang berkelanjutan. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis karena peneliti ingin mendapatkan pengembangan pemahaman yang membantu proses memberikan makna suatu logo. Metode penelitian analisis semiotika dengan menggunakan model semiotika Peirce, dimana didalam penelitian ini peneliti memperkuat dengan teori tentang komunikasi, identitas perusahaan, komunikasi visual, Sustainability dan juga komunikasi korporat. Hasil penelitian yang dapatkan adalah dengan perubahan yang Google lakukan terhadap logo nya versi ter-update maka semakin memperjelas dan memperkuat visi dan misi perusahaan bahwa Google ingin menjadi perusahaan teknologi informasi yang selalu melakukan inovasi sesuai perkembangan jaman dan juga kebutuhan dari perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari para pengguna atau konsumennya. Kesimpulan nya dari penelitian ini adalah Google merupakan perusahaan yang bergerak didbidang jasa pencarian data teknologi informasi dengan konsisten melakukan perubahan pada Logo nya dengan melihat dari perkembangan zaman dan juga kebutuhan penggunanya. Perubahan yang dilakukan Google melalui Logo merupakan pemaknaan dari memperkuat identitas korporasi yang berkesinambungan dan terus menerus. Melalui perubahan Logo yang Google lakukan terdapat banyak dampak positif yang dirasakan baik secara bisnis, produk, branding dan juga menepatkan Google sebagai perusahaan yang terus melakukan perubahan yang berkesinambungan terdapat identitas perusahaannya.
Actions (login required)
View Item |