FAJRIN, NUR (2018) PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI LEMBAGA GEMAWAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
Abstract
Pelayanan publik mencakup semua aspek kehidupan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Dalam pelaksanaannya, banyak kendala yang dihadapi masyarakat untuk mengakses pelayanan publik. Dari proses yang berbelit-belit maupun kecurangan yang dilakukan oknum tertentu. Lembaga Gemawan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang pelayanan publik, selama ini menangani pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik secara manual. Hal tersebut membuat masyarakat yang ingin melakukan pengaduaan terhadap pelayanan publik mengalami banyak kendala seperti waktu pelayanan publik, maka diperlukan suatu aplikasi yang bersifat online yang dapat menjembatani masyarakat dalam melakukan pengaduan terkait pelayanan publik dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Berdasarkan permasalahan ditemukannya kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk aplikasi yang dibangun. Analisis dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan, pengguna dan fasilitas yang dibutuhkan agar aplikasi yang dibangun benar-benar bermanfaat. Dalam penelitian ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Berdasarkan hasil penulisan Tugas Akhir dapat disimpulkan bahwa, telah berhasil membuat rancangan aplikasi online yang dapat membantu sebelumnya yang bersifat offline menjadi pengaduan masyarakat yang bersifat online. Kata kunci: aplikasi pengaduan, pengaduan masyarakat, pelayanan publik.
Actions (login required)
View Item |