PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH PASAR NIAGA KERTA RAHARJA KABUPATEN TANGERANG DENGAN METODE BALANCE SCORECARD DAN METODE VALUE FOR MONEY

FAUZI, AHMAD (2018) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH PASAR NIAGA KERTA RAHARJA KABUPATEN TANGERANG DENGAN METODE BALANCE SCORECARD DAN METODE VALUE FOR MONEY. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB VI)
8. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Sistem pengukuran kinerja perusahaan yang hanya mengandalkan data keuangan dirasakan tidak memadai dalam menilai kinerja suatu perusahaan karena masih banyak memiliki kelemahan dan keterbatasan. Metode Balanced Scorecard yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mempunyai kemampuan dalam mengukur kinerja secara keuangan dan non-keuangan. Dalam pengukuran finansial ditambahkan dengan metode value for money yang terdiri dari rasio ekonomis, rasio efisiensi dan rasio efektivitas. Pengukuran kinerja PD. Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang untuk aspek keuangan menggunakan data laporan keuangan dari tahun 2011 - 2015 dan data rencana kerja anggaran perusahaan dari tahun 2011 - 2015, sedangkan untuk aspek non-keuangan menggunakan data laporan kegiatan perusahaan dan data penyebaran kuesioner kepada pegawai perusahaan sebanyak 50 pegawai pada tahun berjalan. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan metode balanca scorecard dari perspektif keuangan secara rata-rata dari tahun 2011 – 2015 dengan hasil kurang baik karena belum mencapai target, perspektif pelanggan yang terdiri dari kepuasan pelanggan dengan hasil kurang baik dan tingkat pemenuhan keluhan pelanggan cukup baik, perspektif proses bisnis internal dengan hasil kurang baik karena dibawah target yang ditetapkan sedangkan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang terdiri dari produktivitas karyawan cukup baik, kepuasan karyawan kurang baik karena dibawah target yang ditetapkan dan perputaran karyawan sangat baik. Berdasarkan metode value for money dari rasio ekonomis secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio ekonomis berada pada kriteria ekonomis karena persentase rasio ekonomisnya kurang dari 100 persen yaitu 80,95 persen, dari rasio efisiensi secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio efisiensi berada pada kriteria yang kurang efisien karena persentase rasio efisiensinya berada diantara 90-100 persen yaitu 96,25 persen, dan dari rasio efektivitas secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio efektivitas berada pada kriteria cukup efektif karena persentase rasio efektivitasnya berada diantara 80- 90 persen yaitu sebesar 87,41 persen. Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, value for money, rasio ekonomis, rasio efisiensi, rasio efektivitas;

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/555. 19 154
Call Number: TA/55/18/003
NIM/NIDN Creators: 55512120022
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, value for money, rasio ekonomis, rasio efisiensi, rasio efektivitas;
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.3 Financial Reporting (Financial Statements)/Laporan Keuangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.3 Financial Reporting (Financial Statements)/Laporan Keuangan > 657.32 Preparing Financial Statements/Menyiapkan Laporan Keuangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.45 Auditing/Audit > 657.452 Audit Reports/Laporan Audit
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.45 Auditing/Audit > 657.453 Auditing of Computer-Processed Accounts/Mengaudit Laporan yang Diproses Komputer
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:17
Last Modified: 29 Mar 2023 03:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41213

Actions (login required)

View Item View Item