FAUZI, AHMAD (2018) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH PASAR NIAGA KERTA RAHARJA KABUPATEN TANGERANG DENGAN METODE BALANCE SCORECARD DAN METODE VALUE FOR MONEY. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
||
Text (BAB VI)
8. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) |
Abstract
Sistem pengukuran kinerja perusahaan yang hanya mengandalkan data keuangan dirasakan tidak memadai dalam menilai kinerja suatu perusahaan karena masih banyak memiliki kelemahan dan keterbatasan. Metode Balanced Scorecard yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mempunyai kemampuan dalam mengukur kinerja secara keuangan dan non-keuangan. Dalam pengukuran finansial ditambahkan dengan metode value for money yang terdiri dari rasio ekonomis, rasio efisiensi dan rasio efektivitas. Pengukuran kinerja PD. Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang untuk aspek keuangan menggunakan data laporan keuangan dari tahun 2011 - 2015 dan data rencana kerja anggaran perusahaan dari tahun 2011 - 2015, sedangkan untuk aspek non-keuangan menggunakan data laporan kegiatan perusahaan dan data penyebaran kuesioner kepada pegawai perusahaan sebanyak 50 pegawai pada tahun berjalan. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan metode balanca scorecard dari perspektif keuangan secara rata-rata dari tahun 2011 – 2015 dengan hasil kurang baik karena belum mencapai target, perspektif pelanggan yang terdiri dari kepuasan pelanggan dengan hasil kurang baik dan tingkat pemenuhan keluhan pelanggan cukup baik, perspektif proses bisnis internal dengan hasil kurang baik karena dibawah target yang ditetapkan sedangkan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang terdiri dari produktivitas karyawan cukup baik, kepuasan karyawan kurang baik karena dibawah target yang ditetapkan dan perputaran karyawan sangat baik. Berdasarkan metode value for money dari rasio ekonomis secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio ekonomis berada pada kriteria ekonomis karena persentase rasio ekonomisnya kurang dari 100 persen yaitu 80,95 persen, dari rasio efisiensi secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio efisiensi berada pada kriteria yang kurang efisien karena persentase rasio efisiensinya berada diantara 90-100 persen yaitu 96,25 persen, dan dari rasio efektivitas secara rata-rata selama tahun 2011 - 2015 rasio efektivitas berada pada kriteria cukup efektif karena persentase rasio efektivitasnya berada diantara 80- 90 persen yaitu sebesar 87,41 persen. Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, value for money, rasio ekonomis, rasio efisiensi, rasio efektivitas;
Actions (login required)
View Item |