PERANCANGAN COPYWRITER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VIDEO ANIMASI "#YUKMULAI" GUNA MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI HOAX

ANSORI, LUTFI (2018) PERANCANGAN COPYWRITER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VIDEO ANIMASI "#YUKMULAI" GUNA MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI HOAX. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 Cover.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB II)
4 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
5 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB IV)
6 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB V)
7 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Hoax merupakan akses negatif kebebasan berbicara dan berpendapat di internet, khususnya media sosial dan blog. Hal tersebut bertujuan membuat opini publik, menggiring opini, membentuk persepsi, juga untuk having fun yang menguji kecerdasan dan kecermatan pengguna internet dan media sosial. Hoax menganggu kerukunan masyarakat, menghambat pembangunan negara dan serta fitnah secara terstruktur dengan jangkauan yang lebih luas, karena biasanya menyangkut tokoh besar, organisasi, bahkan kelompok atau golongan tertentu. mengenai banyaknya penggunaan internet yang menerima berita hoax dan berdampak buruk akibat hoax di Indonesia. Kenapa Hoax muncul dan berkembang? Hoax dibuat seseorang atau kelompok dengan beragam tujuan, mulai dari sekedar main-main atau having fun, hingga tujuan ekonomi yang menimbulkan penipuan, dan politik yang berupa propaganda/pembentukan opini publik atau agitasi (hasutan). Data hasil survey MASTEL tentang Dampak Hoax Hampir seluruh responden menyatakan terganggu dengan maraknya Berita Hoax 84,5% dan 15,40% Tidak Terganggu. 75,90% menyatakan sangat setuju Hoax mengganggu kerukunan masyarakat, dan 70,20% sangat setuju Hoax dapat menghambat pembangunan.oleh karena perancang. Dari sini perancang memiliki ide bagaimana cara mengedukasikan tentang menyikapi berita yang belum jelas dan berujung Hoax. Dan dalam tugas kali ini perancang ingin mengangkat tema dalam menyikapi permasalahan Hoax yang di terima khalayak masyarakat yaitu “#YukMulai Baca Pahami Telusuri”, dimana dalam perancangan ini kami membuat suatu video animasi Iklan Layanan Masyarakat dalam mengedukasikan tindakan berupa “Baca, Pahami, Telusuri” apa yang mereka baca sebagai antisipasi Hoax.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 045
NIM: 44313110085
Uncontrolled Keywords: Media Informasi, Generasi Digital, Hoax, Media Sosial.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.9 Controversial Knowledge/Pengetahuan Kontroversial > 001.95 Deceptions and Hoaxes/Penipuan dan Hoax
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 16 Mar 2018 09:13
Last Modified: 11 Oct 2018 07:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41101

Actions (login required)

View Item View Item