RESEPSI KHALAYAK TERHADAP SINEMATOGRAFI FILM DANUR : I CAN SEE GHOSTS

GUSTIANDI, DICKY (2018) RESEPSI KHALAYAK TERHADAP SINEMATOGRAFI FILM DANUR : I CAN SEE GHOSTS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
isi cover.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstraksi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
isi PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)

Abstract

Indonesia sendiri bisa dibilang negara yang gemar dengan film horor. Sebab, hampir setiap bulan dirilis film horor baru di bioskop. Di antara film horor yang rilis sejak awal tahun 2017 ada film horor yang paling banyak di buru oleh masyarakat. Film yang di maksud adalah film Danur : I Can See Ghosts berhasil menjual 2.736.157 tiket bioskop membuat film ini mendapatkan penghargaan rekor MURI sebagai film horor lokal yang berhasil menyedot sejuta lebih penonton di minggu pertama penayangannya. Tujuan adari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana resepsi dari khalyak terhadap sinematografi film danur. Tinjauan pustaka yang diambil adalah Komunikasi Massa, Jenis-jenis Media Massa, Film Sebagai Saluran Media Massa, Analisis Resepsi, dan Sinematografi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan tipe penelitiannya adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori analisis resepsi (reception analysis). Meggunakan pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam (indepth interview). Hasil penelitian menemukan Pembacaan yang mendapatkan pemaknaan dominanlah yang lebih banyak jumlahnya. Pemaknaan dominan terjadi ketika tanpa disengaja audiens memaknai pesan yang terkonotasi. Dari hasil perhitungan jumlah tabel di dapatkan hasil untuk Pemaknaan dominan adalah sebanyak 32, artinya kesesuain pemaknaan antara media dan audiens dalam hal ini adalah resepsi khalayak terhadap sinematografi film Danur:I Can See Ghosts mendapat kesamaan pemaknaan yang tinggi jumlahnya dibandingkan tingkat negoisasi dan pemaknaan oposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 035
NIM: 44112010199
Uncontrolled Keywords: RESEPSI, KHALAYAK, SINEMATOGRAFI, FILM DANUR : I CAN SEE GHOSTS
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait > 778.58 Preservation and Storage of Motion Picture Films/Pelestarian dan Penyimpanan Film Bergerak
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:21
Last Modified: 01 Oct 2018 06:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40941

Actions (login required)

View Item View Item