MAKNA PESAN BEKASJADIBERKAH PADA IKLAN TELEVISI OLX.CO.ID VERSI BERKAH LEBARAN (Menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

SARI, ENDRAS SIWI NOVIA (2018) MAKNA PESAN BEKASJADIBERKAH PADA IKLAN TELEVISI OLX.CO.ID VERSI BERKAH LEBARAN (Menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 HALAMAN COVER.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 HAL DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang makna pesan #BekasJadiBerkah dalam iklan Olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Objek yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah potongan-potongan adegan dalam iklan olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna pesan #BekasJadiBerkah dalam iklan televisi Olx.co.id versi “Berkah Lebaran”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iklan pada media televisi, iklan sebagai konstruksi pesan, pesan kemanusiaan untuk saling berbagi, saling peduli dengan melakukan gerakan bekas jadi berkah melalui produk berupa jasa yaitu Olx.co.id, tetap bersyukur atas apa yang dimiliki, semiotika, semiotika komunikasi periklanan, semiotika Charles Sanders Peirce, kode dan teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan paradigma konstruktivis, paradigma konstruktivis memiliki pandangan tersendiri terhadap media, serta teks yang dihasilkan. Dalam paradigma konstruktivis, media bukan hanya sekedar saluran bebas, namun media juga merupakan subjek yang mengkonstruksi realitas, lengkap dengan pandangan, siratan, serta pemaknaannya. Penelitian ini juga menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang diringkas ke dalam konsep triadik dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce. Tiga hal yang dianalisis pada iklan dengan menggunakan segitiga semiotik Peirce, yaitu (1) Representament, (2) Object, (3) Interpretant. Dengan membagi tanda (representament) menjadi tiga yang lazim digunakan dalam kajian semiotika, yaitu (1) Ikon, (2) Indeks, dan (3) Simbol. Serta satu jenis dalam pengukuran kualitas tanda yang digunakan yaitu (1) Qualisign. Dari potongan-potongan adegan iklan Olx.co.id versi “Berkah Lebaran” terbentuk sebuah makna pesan bahwa kebahagiaan atau keberkahan dapat dirasakan salah satunya dengan selalu merasa bersyukur atas apa yang dimiliki

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 008
NIM: 44315120040
Uncontrolled Keywords: MAKNA PESAN, BEKASJADIBERKAH, IKLAN, TELEVISI, OLX.CO.ID
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Mar 2018 03:25
Last Modified: 02 Oct 2018 06:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40917

Actions (login required)

View Item View Item