POLA PEMBERITAAN PORTAL ONLINE MILIK NEGARA DAN SWASTA (Analisis Framing Entman Pada Pemberitaan Antaranews.com dengan Republika.co.id dan Metrotvnews.com Terkait Aksi Damai 4 November 2016)

MUSA, AMIR (2017) POLA PEMBERITAAN PORTAL ONLINE MILIK NEGARA DAN SWASTA (Analisis Framing Entman Pada Pemberitaan Antaranews.com dengan Republika.co.id dan Metrotvnews.com Terkait Aksi Damai 4 November 2016). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari peristiwa aksi damai oleh kelompok umat Islam yang dilakukan pada tanggal 4 November 2016. Peristiwa ini merupakan salah satu aksi terbesar sepanjang tahun 2016 dengan melibatkan ribuan orang yang berasal dari beberapa organisasi Islam di Indonesia. Peristiwa ini dapat terjadi karena masyarakat merasa proses hukum kasus penodaan agama yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama kurang serius ditindak oleh jajaran kepolisian. Peristiwa ini pun menjadi buah bibir masyarakat lantaran Basuki Tjahaja Purnama saat itu masih berstatus sebagai Gubernur DKI Jakarta. Media massa yang berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat saling berlomba-lomba memberitakan peristiwa ini. Namun adanya visi misi media massa yang diakibatkan oleh kepemilikan membuat sudut pemberitaan peristiwa ini saling bersebrangan. Kepemilikan media massa berpengaruh terhadap pemberitaan yang disebarluaskan kepada masyarakat. Hal tersebut karena adanya kepentingan yang berbeda antara pemilik media massa satu dengan yang lainnya. Pada penelitian kali ini peneliti memilih tiga media online, yaitu Antaranews.com, Republika.co.id dan Metrotvnews.com. Perbedaan sudut pandang pemberitaan yang disiarkan ketiga media massa ini menimbulkan kebiasan yang terjadi di masyarakat. Kebiasan tersebut meliputi peristiwa apa yang terjadi, apa yang menyebabkan peristiwa ini terjadi, pihak siapa yang bersalah, serta hal apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan peristiwa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus serta memanfaatkan data yang berasal dari pemberitaan ketiga media massa yang dipilih peneliti. Untuk mendapatkan hasil yang baik, penelitian ini menggunakan model framing Robert Entman. Model ini memiliki empat mata pisau yang digunakan untuk membedah pemberitaan yang dipilih sesuai kebutuhan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berupa gambaran sudut pandang yang dilakukan tiga media massa dalam pemberitaan terkait aksi damai 4 November 2016. Penelitian ini bisa memberikan gambaran kepada masyarakat, bahwa pemberitaan yang dilakukan oleh media massa disesuaikan dengan kepentingan dari media massa itu sendiri. Sehingga masyarakat dapat lebih cerdas dalam mengkonsumsi pemberitaan yang disampaikan media massa. Salah satu caranya yakni menggunaan lebih dari satu sumber berita untuk mendapatkan informasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MIB/2017/013
Call Number: 52/MIB/2017/013
NIM: 55215110043
Uncontrolled Keywords: Aksi Damai 4 November, Komunikasi Massa, Ekonomi Politik Media, Model Framing Robert Entman, Media Massa, Berita Online,
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 24 Jan 2018 10:03
Last Modified: 24 Jan 2018 10:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40370

Actions (login required)

View Item View Item