PITOYO, AGUS HERU (2017) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA - KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MENINGKATKAN CITRA INSTANSI MELALUI MEDIA ONLINE. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan kepada pengimplemetasian kegiatan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara melalui penggunaan media online (website) dan media sosial (facebook dan twitter) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cyber Public Relations (CPR) atau Elektronik Public Relations (E-PR) dalam upaya meningkatkan citra instansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan website dan sosial media oleh Humas DJKN dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas sebagai bagian dari implementasi good governance dan implementasi CPR/E-PR. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan peneliti sebagai instrumen utama penelitian, dimana data dan informasi diperoleh dari wawancara mendalam dengan nara sumber dan didukung dengan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara dan studi dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media online dan media sosial dalam upaya meningkatkan citra DJKN belum optimal. Konten isi dari website masih di dominasi oleh kegiatan seremonial internal instansi. Humas DJKN dan pemangku kepentingan belum memanfaatkan arti penting website sebagai CPR. Kurang optimalnya pengelolaan website sebagai media informasi baru oleh Humas DJKN berakibat tidak termanfaatkannya fasilitas ini oleh para pemangku kepentingan. Hasil pembahasan dan analisis menunjukkan bahwa strategi komunikasi Humas DJKN yang telah dijalankan selama ini belum banyak meningkatkan citra DJKN dan belum memuaskan para pengguna layanan DJKN. Tampilan yang kurang menarik, konten yang biasa-biasa, pengelolaan yang tidak fokus, menyebabkan kecilya kontribusi positif terhadap peningkatan citra DJKN. Dari hasil pembahasan dan analisis dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi Humas DJKN dalam meningkatkan citra DJKN melalui media online dan media sosial perlu dirancang ulang. Fokus pada pengelolaan media online dan media sosial sebagai alat bantu untuk implementasi strategi di era teknologi informasi menjadi suatu keharusan karena hal ini sangat membantu unit Humas dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan organisasi. Perlunya perbaikan tampilan website, penambahan ruang informasi dilaman website bagi stakeholder, dan penempatan SDM yang profesional khusus untuk mengelola media sosial DJKN akan meningkatkan citra DJKN di mata para pemangku kepentingan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-107 |
Call Number: | 52/CMC/2017/039 |
NIM/NIDN Creators: | 55214120034 |
Uncontrolled Keywords: | Humas; citra ; media online dan media sosial; CPR/E-PR;DJKN; Public Relations; image; online media and social media; CPR/E-PR; DJKN. Corporate and Marketing Communications, CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 03:02 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 04:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40333 |
Actions (login required)
View Item |