KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK PASANGAN CHOIRUL HUDA DAN HAIDIR DALAM MEMENANGI PILKADA SERENTAK TAHUN 2015 DI KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU

YANTO, BUDI (2017) KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK PASANGAN CHOIRUL HUDA DAN HAIDIR DALAM MEMENANGI PILKADA SERENTAK TAHUN 2015 DI KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Kemenangan Choirul Huda- Haidir dalam pesta demokrasi yakni pilkada serentak tahun 2015 di kabupaten Mukomuko provinsi Bengkulu tidak lepas dari bagaimana komunikasi pemasaran politik yang dilakukan oleh pasangan ini (Choirul Huda-Haidir) diantaranya adalah Segmentasi, Targeting dan Positioning. Berdasarkan hasil dari penelitian, segmentasi yang menjadi dasar pasangan calon dan tim pemenangan dalam meraih dukungan suara dari masyarakat dapat disimpulkan bahwa pasangan ini melakukan segmentasi dengan pola pendekatan geografis dan sosial budaya. Secara umum segmentasi pasangan ini adalah berdasarkan suku,jenis kelamin, tingkatan umur dan organisasi kemasyarakatan khususnya pemilih dari kalangan organisasi Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sementara suku yang dimaksud menjadi segmentasinya adalah suku jawa dan suku pekal yang tersebar di seluruh wilayah transmigrasi di kabupaten Mukomuko dan daerah pemilihan (dapil) II dan III yang merupakan basis dan menjadi tujuan utama politik pasangan ini. Sedangkan pemilih yang menjadi targeting politik pasangan Choirul Huda-Haidir dalam memenangkan pilkada serentak tahun 2015 di kabupaten Mukomuko adalah pemilih dari semua tingkatan umur,masyarakat umu dan Aparatur sipil negara (ASN), Pemilih bersuku jawa dan pekal yang tersebar di wilayah transmigras dan daerah pemilihan dapil II dan III. Sementara untuk positioning kandidat Choirul Huda- haidir masingmasing antara lain yakni bersikap santun dan merakyat, religius dan nasionalis sementara Haidir sendiri dikenali dimasyarakat sebagai pribadi yang sederhana dan dermawan. positioning kandidat ini sejalan dengan segmentasi dan targeting politik yang dilakukan sehingga pasangan ini mampu meraih kemenangan dengan jumlah persentase perolehan suara Pada pemilihan kepala daerah kabupaten Mukomuko sebesar 32.408 suara (47,45 %) yang diusung oleh partai Gerindra dan Hanura, mengalahkan lawan politiknya yakni pasangan Sapuan dan Dedy Kurniawan yang didukung oleh partai PDIP,PKB dan PKS dengan perolehan suara 19.091 (27,95 %) dan selanjutnya di ikuti oleh pasangan Wismen A. Razak dan Bambang Afriadi yang diusung oleh partai Nasdem, Golkar, Demokrat, PKPI, PPP dan Partai PBB dengan perolehan suara 16.800 (24,60 %).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/PCOM/2017/022
Call Number: 52/PCOM/2017/022
NIM: 55214120013
Uncontrolled Keywords: Segmentasi,Positioning, Targeting, suku jawa dan suku pekal, Segmentation, Positioning, Targeting, Javanese tribe and pekal tribe
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 22 Jan 2018 04:45
Last Modified: 22 Jan 2018 04:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40318

Actions (login required)

View Item View Item