SRIGANDA, MERCY LONA DARWATY RYNDANG (2017) KOMUNIKASI KEBIJAKAN PUBLIK AMNESTI PAJAK: PEMODELAN SOSIALISASI KEBIJAKAN ERA PEMERINTAHAN PRESIDEN JOKO WIDODO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena kebijakan publik amnesti pajak. Ketika dicanangkan menimbulkan pro kontra pada masyarakat sehingga pemerintah harus melakukan komunikasi yang intens kepada masyarakat. Sosialisasi merupakan bagian yang sangat penting dalam mengomunikasikan setiap kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah baik sosialisasi internal maupun sosialisasi eksternal. Sosialisasi kebijakan publik oleh pemerintahan Presiden Jokowi dapat digambarkan dalam sebuah pemodelan atau pun peta komunikasi (road map). Pemodelan komunikasi sosialisasi kebijakan amnesti pajak dimulai dari Presiden Jokowi mencanangkan program pengampunan pajak pada tanggal 1 Juli 2016 sampai dengan berakhirnya tanggal 31 Maret 2017. Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (Dit. P2Humas Ditjen Pajak) melakukan sosialisasi internal dan eksternal dengan memakai berbagai strategi dan tools yang efektif serta efisien. Dit. P2Humas Ditjen Pajak memandang penting sebagai model adalah kepala pemerintahan teringgi Presiden Joko Widodo dalam sosialisasi kebijakan amnesti pajak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, kasus-kasus dibatasi oleh waktu dan aktifitas, dan peneliti mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan dengan menggabungkan hasil wawancara, observasi serta menggabungkan dokumentasi yang didapatkan peneliti dalam melakukan proses penelitian. Teori yang digunakan sebagai referensi penelitian adalah Teori Performa Komunikatif dan model kebijakan publik George Edward III. Model Lona adalah hasil penelitian ini yang menggambarkan pemodelan sosialisasi atau peta komunikasi kebijakan publik amnesti pajak yang dilakukan Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahannya khususnya yaitu Dit. P2Humas Ditjen Pajak. Sosialisasi yang sangat baik telah dilakukan sehingga amnesti pajak dibicarakan dimana-mana,dan diketahui oleh masyarakat luas walaupun hasil uang tebusan amnesti pajak dan jumlah peserta amnesti pajak tidak mencapai target.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT/PCOM/2017/023 |
Call Number: | 52/PCOM/2017/023 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110055 |
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan komunikasi, Sosialisasi, Kebijakan Publik, Amnesti Pajak, Model of Communication, Socialization, Public Policy, Tax Amnesty |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 08:48 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 06:50 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40212 |
Actions (login required)
View Item |