PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SEPATU NIKE COURT ROYAL DI LINE 2.04 DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA PT. ASIA DWIMITRA INDUSTRI

SETIAWAN, SOLEH (2017) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SEPATU NIKE COURT ROYAL DI LINE 2.04 DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA PT. ASIA DWIMITRA INDUSTRI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)

Abstract

PT. Asia Dwimitra Industri merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan sepatu, adapun produk yang dihasilkan adalah sepatu dengan kategori Core Performance, Nike Sport Culture (NSW), dan Soccer. Untuk menghasilkan produk yang baik dalam arti memenuhi standar dan memenuhi keinginan konsumen, perlu diterapkan pengendalian kualitas dalam proses produksi dengan cara melakukan sistem pengawasan mutu, melakukan pembenahan dan perbaikan sehingga nantinya dapat menghasilkan produk yang memiliki keunggulan dan kompetitif. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan (cacat) produk yang tinggi dengan menetapkan toleransi sebesar 6% dari jumlah produksi. Akan tetapi pada kenyataannya, hasil produksi dilapangan menunjukan bahwa tingkat kerusakan (cacat) pada produk fluktuatif dan bahkan masih terdapat kerusakan (cacat) yang melebihi standar toleransi yang ditetapkan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas dengan menggunakan alat statistik bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kerusakan (cacat) produk diperusahaan. Analisis pengendalian kualitas dilakukan dengan menggunakan alat bantu statistik berupa Check sheet, Histogram, Peta kendali c, Diagram Pareto dan Diagram Sebab-Akibat. Check sheet dan Histogram digunakan untuk menyajiakn data agar mudah dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta kendali c digunakan untuk memonitor produk yang rusak (cacat) apakah masih dalam batas kendali statistik atau tidak. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap jenis cacat yang dominan dan menentukan prioritas perbaikan dengan menggunakan Diagram Pareto, langkah selanjutnya adalah mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan (cacat) dengan menggunakan Diagram Sebab-Akibat untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas. Hasil analisis dari Peta kendali c menunjukan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali, dimana 20% dari data yang diperoleh berada diluar batas kendali dengan masing-masing jenis kerusakan. Dari Diagram Pareto didapat jenis kerusakan (cacat) yang mendapakan prioritas perbaikan yaitu Bond Gap (25,5%), Stain Upper (23,54%), dan Croked (9,63%). Dari analisis Diagram Sebab-Akibat dapat dikatahui penyebab terjadinya kerusakan (cacat) yang berasal dari faktor Manusia (Operator), Mesin, dan Metode sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat kerusakan (cacat) dan meningkatkan kualitas produk. Kata kunci : Pengendalian kualitas, statistical quality control

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 41613110083
Uncontrolled Keywords: Pengendalian kualitas, statistical quality control
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait > 339.3 National Product/Produk Nasional
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Dec 2017 03:32
Last Modified: 20 Dec 2017 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39951

Actions (login required)

View Item View Item