GUSTANY, EKO WIDODO (2016) PERBAIKAN PROSES BISNIS PADA PERUSAHAAN PELUMAS DI BEKASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL-BASED AND INTEGRATED PROCESS IMPROVEMENT (MIPI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
|
Text (Cover)
1. Hal Cover.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
3. BAB 1 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (Bab 2)
4. BAB 2 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (Bab 3)
5. BAB 3 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (Bab 4)
6. BAB 4 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 5)
7. BAB 5 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (Bab 6)
8. BAB 6 Eko WG.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
9. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peningkatan proses bisnis di perusahaan pelumas dalam upaya selalu beroperasi dengan efektif, efisien dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan bisnis yang dinamis. Dalam upayanya Perusahaan Pelumas ini berusaha mengidentifikasi hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnisnya. Dari identifikasi, penilitian diarahkan pada penanggulangan keluhan pelanggan yang ada terhadap produk yang dikirmkan ke pelanggan Metode penelitian ini menggunakan metode Model-Based and Integrated Process Improvement yang dibuat oleh Sola Adesola dan Tim Baines sebagai salah satu riset program doctoral di Universitas Cranfield tahun 2005. Pengumpulan data dilakukan dengan memahami dan mengikuti alur proses pembuatan pelumas dan brainstorming dari beberapa user proses. Analisa dilakukan sesuai dengan teknik-teknik yang ada pada jurnal dan beberapa teknik analisa yang umum digunakan alat peningkatan proses. Dari analisis data yang diperoleh informasi mengenai beberapa jenis keluhan pelanggan dengan menggunakan diagram pareto menunjukan “produk bocor yang terkirim ke pelanggan” adalah peringkat teratas. Pemetaan proses “Helicopter View” juga diadakan untuk menggambarkan proses bisnis yang ada. Dengan menggunakan diagram sebab-akibat (diagram tulang ikan) dan analisa Failure Mode and Effecet Analysis (FMEA), dapat diidentifikasi masalah utama adalah “Defect botol berpotensi bocor tidak terdeteksi saat QC Incoming Inspection”. Rencana tindakan dituangkan ke dalam sebuah Matriks, yang disebut Performance Improvement Matrix (PIM) sebagai sebuah roadmap untuk rencana peningkatan proses
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-553-16-004 |
NIM/NIDN Creators: | 55313120051 |
Uncontrolled Keywords: | MIPI, Seven Procedural Steps,Performance Indicator, QualityImprovement and FMEA. MTI, MAGISTER TEKNIK INDUSTRI |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 11:27 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39817 |
Actions (login required)
View Item |