PUTRI, ERNA SUKMANA (2017) HIJAB SEBAGAI GAYA HIDUP PEREMPUAN MUSLIMAH (STUDI FENOMENOLOGI PADA KOMUNITAS ALIYAH HIJABERS DI DAERAH TANGERANG). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (722kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
Abstract
Jilbab atau saat ini yang lebih dikenal dengan sebutan hijab mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa. Hijab yang dulu digunakan oleh kalangan orang tertentu, kini sudah banyak wanita dari segala usia menggunakan hijab dan pengguna hijab dengan mudah ditemui diberbagai tempat. Salah satu pencetus trend hijab modis adalah komunitas hijabers. Selain itu penggunaan hijab dapat dikatakan sebagai sebuah gaya hidup dari pemakainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hijab sebagai gaya hidup perempuan muslimah khususnya pada Komunitas Hijabers Aliyah didaerah Tangerang. Kajian Teoritis pada penelitian ini menggunakan pembahasan mengenai Komunikasi Non Verbal, Komunikasi Kelompok, Gaya Hidup, pembahasan mengenai Hijab, pembahsan tentang Komunitas Hijabers, Berhijab secara syar’i, dan tentang trend busana hijab saat ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan fenomenologi dan metodologi kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Tradisi Fenomenologi Alfred Schutz, interaksi simbolik, Komunikasi kelompok, Komunikasi non verbal, fashion dan gaya hidup. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Keberadaan komunitas hijabers adalah sebagai wadah tempat berkumpulnya perempuan-perempuan berhijab yang kreatif, dan inspiratif, mereka berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan melakukan kegiatan-kegiatan positif. (2) Tindakan penggunaan hijab para anggota komunitas hijabers berbeda-beda, ada yang memakai hijab sesuai ketentuan agama Islam dan ada juga yang memakai hijab karena hijab sekarang sedang trend. (3) makna hijab bagi komunitas hijabers adalah sebagai pelindung dan penutup aurat. (4) model hijab komunitas hijabers memiliki makna agar perempuan-perempuan berhijab merasa nyaman dan senang menggunakan hijab, selain itu model hijab yang beragam dapat menarik perempuan yang belum berhijab menjadi berhijab, Dan (5) penggunaan hijab komunitas hijabers dapat dilihat bahwa gaya hidup komunitas hijabers adalah muslimah yang fashionable dan komsumtif dalam mode. Selain itu gaya hidup anggota komunitas hijabers juga merupakan muslimah yang aktif dan selalu mengikuti perkembangan teknologi komunikasi dan infomasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-044 |
Call Number: | 52/MIB/2017/004 |
NIM/NIDN Creators: | 55212110029 |
Uncontrolled Keywords: | Media Industry dan Bisnis, MEDIA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 04:53 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:45 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39656 |
Actions (login required)
View Item |