PENGELOLAAN PUBLIC RELATIONS PT KERETA API INDONESIA DALAM MENGOMUNIKASIKAN SISTEM CHECK IN DAN BOARDING PASS (Studi Kasus: Komunikasi PT Kereta Api Indonesia Terkait Pembaharuan Sistem Pelayanan)

SUGIRI, ARIEF BUDIAWAN (2017) PENGELOLAAN PUBLIC RELATIONS PT KERETA API INDONESIA DALAM MENGOMUNIKASIKAN SISTEM CHECK IN DAN BOARDING PASS (Studi Kasus: Komunikasi PT Kereta Api Indonesia Terkait Pembaharuan Sistem Pelayanan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan Sistem Check In dan Boarding Pass dalam mengatasi permasalahan tentang pelayanan khususnya tiket. Sebagai wujud nyata peningkatan pelayanan, dan pengguna kereta api yang terus meningkat dari tahun 2011 - 2015, banyak masyarakat memerlukan informasi yang detail terkait kebijakan pembaharuan sistem berdasarkan surat keputusan direksi. Informasi dapat dilakukan oleh peran Public Relations yang memiliki fungsi manajemen untuk mendukung dan membantu perusahaan dengan mengelola komunikasi yang efektif demi tercapainya tujuan dari kebijakan tersebut. Tujuan penelitian untuk menggambarkan pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass dengan menggunakan landasan teori tentang komunikasi organisasi, proses perencanaan Public Relations dan sistem pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber, melakukan obeservasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass seperti tahapan kegiatan Public Relations mencakup analisis situasi dan teknis (Research- Listening), penentuan tujuan dan sasaran (Planning-Decision), Komunikasi Langsung, Konferensi pers, media sosial (Communication-Action), dan Media Monitoring (Evaluation). Penelitian ini menyimpulkan bahwa peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass yaitu proses perencanan Public Relations dari Research-Listening hingga Evaluation. Sejauh penelitian ini juga menyarankan untuk menambah peran Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam manajemen dan koordinasi yang lebih baik antar unit Public Relations dengan unit lain dengan diadakannya pelatihan atau briefing.

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44214110118
Uncontrolled Keywords: PUBLIC RELATIONS, PT KERETA API INDONESIA, SISTEM CHECK IN, BOARDING PASS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.3 Special Purpose Railroads/Kereta Api Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.32 Railroad Freight Stations/Stasiun Pengangkutan Kereta Api
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Nov 2017 02:36
Last Modified: 20 Nov 2017 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39634

Actions (login required)

View Item View Item