SUGIRI, ARIEF BUDIAWAN (2017) PENGELOLAAN PUBLIC RELATIONS PT KERETA API INDONESIA DALAM MENGOMUNIKASIKAN SISTEM CHECK IN DAN BOARDING PASS (Studi Kasus: Komunikasi PT Kereta Api Indonesia Terkait Pembaharuan Sistem Pelayanan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan Sistem Check In dan Boarding Pass dalam mengatasi permasalahan tentang pelayanan khususnya tiket. Sebagai wujud nyata peningkatan pelayanan, dan pengguna kereta api yang terus meningkat dari tahun 2011 - 2015, banyak masyarakat memerlukan informasi yang detail terkait kebijakan pembaharuan sistem berdasarkan surat keputusan direksi. Informasi dapat dilakukan oleh peran Public Relations yang memiliki fungsi manajemen untuk mendukung dan membantu perusahaan dengan mengelola komunikasi yang efektif demi tercapainya tujuan dari kebijakan tersebut. Tujuan penelitian untuk menggambarkan pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass dengan menggunakan landasan teori tentang komunikasi organisasi, proses perencanaan Public Relations dan sistem pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber, melakukan obeservasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass seperti tahapan kegiatan Public Relations mencakup analisis situasi dan teknis (Research- Listening), penentuan tujuan dan sasaran (Planning-Decision), Komunikasi Langsung, Konferensi pers, media sosial (Communication-Action), dan Media Monitoring (Evaluation). Penelitian ini menyimpulkan bahwa peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai pengelolaan Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam mengomunikasikan Sistem Check In dan Boarding Pass yaitu proses perencanan Public Relations dari Research-Listening hingga Evaluation. Sejauh penelitian ini juga menyarankan untuk menambah peran Public Relations PT Kereta Api Indonesia dalam manajemen dan koordinasi yang lebih baik antar unit Public Relations dengan unit lain dengan diadakannya pelatihan atau briefing.
Actions (login required)
View Item |