KOMODIFIKASI TUBUH PADA IKLAN NEW ERA BOOTS

AYU, ILMI SILA (2016) KOMODIFIKASI TUBUH PADA IKLAN NEW ERA BOOTS. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS .pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Iklan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, sehingga gaya hidup dan berbagai pilihan dalam hidup kita pun secara tak sadar dipengaruhi oleh pesan-pesan yanng disugestikan dalam iklan. Namun demikian, seringkali iklan mementingkan kepentingan ekonomi saja dan mengesampingkan nilai-nilai moral. Sebagian besar iklan bahkan menganggap khalayak bukan sebagai individu melainkan unit-unit konsumsi. Bahwa khalayak hanyalah target konsumen dari komoditas yang diperjual belikan dalam iklan. Dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi tubuh di balik iklan New Era Boots. Penelitian ini menetapkan paradigmanya sebagai paradigma kritis.Paradigma kritis memandang realitas yang ada adalah realitas semu karena dipengaruhi oleh berbagai kekuatan ekonomi, politik, dan sosial. Sementara teori yang digunakan adalan teori ekonomi politik media Lyotard. Setelah melakukan analisis pada iklan New Era Boots, hasil penelitian ini menunjukkan rangkaian penanda dan petanda baik yang langsung maupun tidak langsung mengandung unsur komodifikasi. Rangkaian penanda yang secara langsung mengarah pada komodifikasi adalah model wanita seksi yang mengenakan pakaian kulit ketat dan menggunakan model pakaian kemben, sehingga memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang memancing hasrat khalayak yang menontonnya. Selain pakaian mini yang dikenakan model perempuan, intonasi suara yang mendesah dan terdapat goyangan erotis yang dilakukan model perempuan dalam iklan televisi New Era Boots ini memperjelas unsur komodifikasi hasrat.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MIB/2016/009
Call Number: 52/MIB/2016/009
NIM: 55213120019
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, tubuh, Iklan, Commodification,Body, Advertising
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:53
Last Modified: 16 Nov 2017 07:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39598

Actions (login required)

View Item View Item