AYU, ILMI SILA (2016) KOMODIFIKASI TUBUH PADA IKLAN NEW ERA BOOTS. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS .pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
Abstract
Iklan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, sehingga gaya hidup dan berbagai pilihan dalam hidup kita pun secara tak sadar dipengaruhi oleh pesan-pesan yanng disugestikan dalam iklan. Namun demikian, seringkali iklan mementingkan kepentingan ekonomi saja dan mengesampingkan nilai-nilai moral. Sebagian besar iklan bahkan menganggap khalayak bukan sebagai individu melainkan unit-unit konsumsi. Bahwa khalayak hanyalah target konsumen dari komoditas yang diperjual belikan dalam iklan. Dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi tubuh di balik iklan New Era Boots. Penelitian ini menetapkan paradigmanya sebagai paradigma kritis.Paradigma kritis memandang realitas yang ada adalah realitas semu karena dipengaruhi oleh berbagai kekuatan ekonomi, politik, dan sosial. Sementara teori yang digunakan adalan teori ekonomi politik media Lyotard. Setelah melakukan analisis pada iklan New Era Boots, hasil penelitian ini menunjukkan rangkaian penanda dan petanda baik yang langsung maupun tidak langsung mengandung unsur komodifikasi. Rangkaian penanda yang secara langsung mengarah pada komodifikasi adalah model wanita seksi yang mengenakan pakaian kulit ketat dan menggunakan model pakaian kemben, sehingga memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang memancing hasrat khalayak yang menontonnya. Selain pakaian mini yang dikenakan model perempuan, intonasi suara yang mendesah dan terdapat goyangan erotis yang dilakukan model perempuan dalam iklan televisi New Era Boots ini memperjelas unsur komodifikasi hasrat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-16-009 |
Call Number: | 52/MIB/2016/009 |
NIM/NIDN Creators: | 55213120019 |
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, tubuh, Iklan, Commodification,Body, Advertising, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 07:53 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 03:48 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39598 |
Actions (login required)
View Item |