KONSTRUKSI KINERJA MENTERI PEREMPUAN DALAM KABINET KERJA JOKOWI-JK DI MEDIA (Analisis Framing berita Susi Pudjiastuti di Kompas.com dan Republika Online)

WULANDARI, SEPTIANA (2016) KONSTRUKSI KINERJA MENTERI PEREMPUAN DALAM KABINET KERJA JOKOWI-JK DI MEDIA (Analisis Framing berita Susi Pudjiastuti di Kompas.com dan Republika Online). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER PENGESAHAN PENGANTAR DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui konstruksi pemberitaan kinerja menteri perempuan di kabinet kerja Jokowi-JK khususnya tentang Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Menteri Susi Pudjiastuti di dua media online di Indonesia yaitu Kompas.com dan Republika Online. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah Konstruksi sosial atas realitas dari Berger dan Luckman serta framing yang berfungsi sebagai teori dan metode khususnya pada analisis framing model Robert N. Entman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis.dan metode yang di gunakan adalah analisis framing formula Robert N Entman. Berita yang menjadi unit analisis adalah pemberitaan terkait dengan menteri Susi Pudjiastuti selama edisi Oktober 2015, bertepatan dengan satu tahun masa kabinet kerja Jokowi-JK. Berita di kelompokkan menjadi empat isu dan di analisis menggunakan framing Robert N Entman kemudian di dapatkan hasil yang menunjukkan bahwa pemberitaan di Kompas.com cenderung lebih memihak dan menyanjung kinerja dari menteri Susi Pudjiasti dibandingkan dengan pemberitaan yang ada di Republika Online. Hal ini di lihat dari cara pemilihan isu yang di beritakan, cara memproduksi teks serta, pemilihan gambar berita, sehingga hasil produksi teks tersebut mampu mengkonstruksi kinerja Menteri Susi Pudjiastuti dengan sudut pandang yang berbeda.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-16-008
Call Number: 52/MIB/2016/008
NIM/NIDN Creators: 55213120054
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Framing Robert N Entman, Kabinet Kerja, Performance, Framing Robert N Entman, Working Cabinet, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 16 Nov 2017 04:45
Last Modified: 25 Jun 2022 03:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39597

Actions (login required)

View Item View Item