KARAKTERISTIK PESAN PERSUASI KOMUNIKATOR POLITIK DI AMERIKA SERIKAT DALAM85 FILM SERI SCANDAL

SETYAWATI, FEBE IDA (2017) KARAKTERISTIK PESAN PERSUASI KOMUNIKATOR POLITIK DI AMERIKA SERIKAT DALAM85 FILM SERI SCANDAL. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Perkembangan industri media visual yang pesat, baik di Indonesia maupun internasional telah menunjukkan frekuensi penayangan sinetron yang sangat tinggi. Sinetron atau film seri telah mendominasi peringkat atas perolehan rating di seluruh dunia. Dalam kondisi demikian, peneliti menjadi sangat selektif dalam memilih tayangan media visual yang berfungsi sebagai hiburan sekaligus pendidikan. Peneliti memilih tema-tema yang bermutu dan telah mendapatkan penghargaan dunia internasional sebagai tontonan dan media informasi dan pembelajaran.. Khususnya di bidang komunikasi politik. Untuk memahaminya, peneliti memilih film berlatar belakang sejarah atau kisah nyata yang dibalut dengan fiksi dari para komunikator politik di Amerika Serikat. Cultivation Theory dari George Gerbner yang berakar dari Teori Media Ecology Marshal McLuhan menjadi teori yang diteliti. Penerapan teori informasi di dalam studi konten dengan menggunakan teknik Analisis Isi Kuantitatif, peneliti mengamati adegan-adegan di 85 episode film seri “Scandal” yang ditayangkan serentak di seluruh dunia. Mulai dari season 1 sampai season 5, yaitu dari tahun 2013 sampai 2016. Koding dilakukan untuk memperoleh deskripsi berdasarkan kategori. Selanjutnya, uji korelasi dibuat untuk menjelaskan seberapa besar 4 kategori yang peneliti tetapkan muncul dalam indikator-indikatornya dalam film tersebut. Dalam penelitian 85 episode film seri “Scandal” ini, hasilnya adalah: kategori pencitraan politik dan politik pencitraan memiliki prosentase terbesar, yaitu sampai 100 %. Kategori persuasi sebagai propaganda memiliki prosentase 60%. Kategori persuasi sebagai retorika memiliki prosentasi 98%. Kategori persuasi sebagai periklanan memiliki prosentase terkecil, yaitu 50%.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-054
Call Number: 52/PCOM/2017/006
NIM/NIDN Creators: 55214120064
Uncontrolled Keywords: Political Communication, KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:59
Last Modified: 21 Jun 2022 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39591

Actions (login required)

View Item View Item