FINIRA, DENISSA CHIKA (2017) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA (7P) TERHADAP KEPUASAN DAN PERILAKU WORD OF MOUTH (WOM) MAHASISWA POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN PROVINSI BANTEN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Abstract
Dibukanya program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir 2015 membuat persaingan tenaga kerja khususnya di bidang kesehatan semakin ketat. Adanya kesenjangan kualitas dan kompetensi lulusan pendidikan tinggi kesehatan yang tidak sejalan dengan tuntutan kerja dimana tenaga kerja yang dihasilkan tidak siap pakai. Poltekkes Kemenkes Banten merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Kesehatan RI yang konsen dalam memberikan pendidikan kesehatan yang berkualitas bagi calon tenaga kesehatan. Namun, terjadi ketidakstabilan mahasiswa aktif pada tahun 2014 sampai 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bauran pemasaran jasa (7p) terhadap kepuasan mahasiswa dan perilaku word of mouth (WOM) di Poltekkes Kemenkes Banten. Metode sampling yang digunakan adalah random sampling dari total mahasiswa D3 kebidanan dan D3 keperawatan sebanyak 301 siswa berasal dari tiga tingkat yang berbeda. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bawa terdapat pengaruh signifikan positif dari variabel promotion, people, physical evidence, dan process terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan variabel product, price, dan place tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan mahasiswa. Serta terdapat pengaruh signifikan dari kepuasan mahasiswa terhadap WOM mahasiswa Poltekkes Kemenkes Banten. Kata kunci: bauran pemasaran, product, price, promotion, place, people, physical evidence, process, kepuasan mahasiswa, word of mouth
Actions (login required)
View Item |