ANALISIS IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH BARANG BEKAS (STUDI KASUS KOMUNIKASI PEMASARAN MALL RONGSOK DEPOK)

LATIEF, RUSMAN (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH BARANG BEKAS (STUDI KASUS KOMUNIKASI PEMASARAN MALL RONGSOK DEPOK). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Hal Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABTRAKSI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Word of mouth adalah salah satu elemen komunikasi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan sebagai implementasi komunikasi pemasaran lainnya diantaranya, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, publisitas, pemasaran interaktif dan penjualan personal. Salah satu badan usaha yang mengimplemetasikan word of mouth adalah pedagang barang bekas Mall Rongsok Depok. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi word of mouth Mall Rongsok Depok. Hal ini penting karena Mall Rongsok Depok hanya mengandalkan word of mouth, namun membuatnya populer hingga kemanca negara dan omzetnya meningkat terus sejak berdiri tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma post positivisme. Guna menuntun peneliti untuk menggambarkan implementasi saluran komunikasi, metode penyebaran dan kategori word of mouth Mall Rongsok Depok. Untuk mendukung akurasi penelitian, dilakukan wawancara dengan pemilik Mall Rongsok serta beberapa karyawannya. Wawancara dengan pengunjung, dan wawancara dengan Elshinta TV yang pertama kali meliputnya. Hal ini dilakukan, karena berhubungan dengan konsep promosi Mall Rongsok dari pengelolanya, pengalaman pengunjung dalam menyebarkan informasi, dan peran publikasi media. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi word of mouth Mall Rongsok berjalan secara alami, tidak berstruktur, tidak pernah direncanakan dan tidak memiliki strategi tertentu. Hanya memiliki nama yang unik, pelayanan yang baik, harga murah serta publisikasi media massa. Kesimpulan dari analisis implementasi word of mouth barang bekas di Mall Rongsok Depok, didukung oleh penyebaran informasi positif dari pengalaman pelanggan serta dukungan publikasi media massa sebagai komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-040
Call Number: 52/MIB/2016/002
NIM/NIDN Creators: 55213120018
Uncontrolled Keywords: Unik - Word of mouth - Media massa, Unique – Word of mouth – Mass media, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:28
Last Modified: 23 Jun 2022 06:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39353

Actions (login required)

View Item View Item