STRATEGI PEMASARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI PENDENGAR ( STUDI KASUS PENGGUNAAN HASTAG TWITTER @SINDOTRIJAYAFM PADA PROGRAM POLOMIK EDISI DI UBER UBER )

TALALU, TAUFIK R (2016) STRATEGI PEMASARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI PENDENGAR ( STUDI KASUS PENGGUNAAN HASTAG TWITTER @SINDOTRIJAYAFM PADA PROGRAM POLOMIK EDISI DI UBER UBER ). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
HAL COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)

Abstract

Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini adalah penggunaan hashtag bertema pada tweet program talk show akhir pekan “Polemik” Sindotrijaya FM dalam meningkatkan interaksi pendengar. Fenomena ini diangkat sebab dewasa ini persaingan program talk show akhir pekan radio di Indonesia terjadi. Tujuan penelitian adalah mengetahui peran dan kendala penggunaan hashtag bertema pada Twitter @SindotrijayaFM untuk program talk show akhir pekan “Polemik” dalam meningkatkan interaksi pendengar. Penelitian ini ditulis berdasarkan konsep komunikasi pemasaran dan pemasaran interaktif yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller, konsep pemasaran melalui internet yang berhubungan dengan tiga model bisnis yang dikemukakan oleh Hermawan, konsep mengenai media radio yang dikemukakan oleh Morissan, konsep mengenai strategi yang dikemukakan oleh Boyd et al, dan konsep lainnya mengenai strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus dan melibatkan dua informan. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara dan data sekunder dikumpulkan melalui dokumen dan gambar yang relevan dengan penelitian ini. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan hashtag bertema pada tweet program talk show akhir pekan “Polemik” berperan terhadap peningkatan interaksi pendengar dan “Polemik” Edisi “Diuber Uber” merupakan edisi “Polemik” yang paling mencerminkan peningkatan interaksi pendengar karena hashtag #PolemikUber masuk pada urutan kedua trending topic Indonesia dan jumlah SMS dan WhatsApp berupa komentar dan pertanyaan dari pendengar meningkat. Selain itu, terungkap pula bahwa kendala penggunaan hashtag bertema pada tweet program talk show akhir pekan “Polemik” adalah keberadaan hashtag promosi event besar yang diselenggarakan secara bersamaan dengan talk show akhir pekan “Polemik” menyebabkan interaksi pendengar di Twitter terhadap hashtag bertema “Polemik” tidak ramai

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-16-053
Call Number: 52/CCOM/2016/037
NIM/NIDN Creators: 55214120028
Uncontrolled Keywords: marketing communication, interactive marketing, media radio, strategy, and listeners’ interaction, komunikasi pemasaran, pemasaran interaktif, media radio, strategi, dan interaksi pendengar, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:23
Last Modified: 27 Jun 2022 03:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39304

Actions (login required)

View Item View Item