PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI ORGANIZATION-PUBLIC RELATIONSHIP TERHADAP CORPORATE REPUTATION PT. AE INDONESIA, TBK (Survei Pada Petani Karet di Kalimantan Selatan)

HAYATI, SURYANING (2017) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI ORGANIZATION-PUBLIC RELATIONSHIP TERHADAP CORPORATE REPUTATION PT. AE INDONESIA, TBK (Survei Pada Petani Karet di Kalimantan Selatan). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Resistensi banyak pihak atas beroperasinya perusahaan pertambangan dikarenakan identik dengan perusakan lingkungan. Di satu sisi, perusahaan sebagai pelaku bisnis, sebagaimana tujuan dari berdirinya perusahaan adalah laba (profit making), yang bukan semata untuk menguntungkan pemilik perusahaan. Perusahaan dengan reputasi yang baik adalah perusahaan dengan financial performance yang baik. Hal ini lah yang menjadi tugas besar perusahaan, menjaga stabilitas reputasi organisasi, membina hubungan baik jangka panjang antara organisasi dengan publiknya melalui tanggung jawab sosial berkesinambungan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (Carrol), Organization-public Relationship (Grunig dan Huang), dan Corporate Reputation (Charles Fombrun). Sub variabel CSR terdiri dari Economic, Legal, Ethical, dan Philantropic Responsibility. Sub variabel OPR terdiri dari Control Mutuality, Trust, Satisfaction, Commitment. Dan sub variabel CR terdiri dari Emotional Appeal, Products and Services, Financial Performance, Vision and Leadership, Workplace Environment, Social Responsibility. Tipe penelitian ini bersifat eksplanatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan populasi petani karet yang diterpa oleh program CSR “Kebun Karet Unggul” PT. AE Indonesia, Tbk di Kecamatan Tanjung sebanyak 66.291 dan diperoleh sampel sebesar 118 responden petani karet dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Analisis data penelitian adalah melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menyatakan bahwa; a) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Organization-public Relationship, dengan koefisien dari CSR adalah sebesar -0,004 nilai p-value sebesar 0,830; b) Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap Corporate Reputation dengan nilai koefisien dari CSR adalah sebesar 0,062 dan nilai p-value sebesar 0,041; c) Organization-public Relationship berpengaruh terhadap Corporate Reputation dengan besarnya koefisien dari OPR adalah sebesar 0,085 dan nilai p-value sebesar 0,039

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-112
NIM/NIDN Creators: 55212120047
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Organization-public Relationship, Corporate Reputation. CORCOM, KORPORATE KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:04
Last Modified: 25 Jul 2022 06:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item