WIBISONO, DENY (2017) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE SERVQUAL DAN QFD (Studi Kasus : Sekolah YASPORBI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (998kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
5 Bab I_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (BAB II)
6 BAB II_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
||
Text (BAB III)
7 BAB III_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text (BAB IV)
8 BAB IV_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
9 BAB V_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
||
Text (BAB VI)
10 BAB VI_20032017.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
Abstract
Penerapan manajemen mutu pendidikan yang populer dengan istilah Total Quality Education (TQE) menekankan pada pencarian secara konsisten terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak manajemen sekolah dalam melakukan evaluasi kualitas pelayanan, mengarahkan upaya-upaya perbaikan dengan meningkatkan atribut pelayanan yang lemah. Penelitian dilakukan di SMA YASPORBI dengan mengintegrasikan dua metode yang berbeda, yaitu Servqual dan QFD. Servqual mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kualitas pelayanan, QFD menerjemahkan keinginan pelanggan menjadi respon teknis yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen sekolah. Didapatkan sebanyak 11 atribut pelayanan pendidikan yang harus diperbaiki dari 32 atribut pelayanan pendidikan yang ada dengan dua atribut yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu guru membantu siswa memilih jurusan perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat siswa dan adanya pelatihan dalam menghadapi seleksi penerimaan mahasiswa baru. Pada House of Quality Level 2 diperoleh 4 teknikal respon yang menjadi prioritas untuk dikembangkan oleh pihak manajemen sekolah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan, yaitu mengadakan pelatihan, workshop, dan seminar pendidikan, kerjasama sekolah dengan lembaga psikologi, sistem pembelajaran moving class, dan menyusun buku program kegiatan sekolah selama satu tahun.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT/MTI/2017/022 |
Call Number: | 53/MTI/2017/022 |
NIM/NIDN Creators: | 55314120012 |
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Education, Servqual, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, QFD, House of Quality, Customer Satisfaction, Service Quality |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 08:32 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38604 |
Actions (login required)
View Item |