HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI SMART TELECOM DENGAN PERHATIAN DAN MINAT PADA PRODUK SMART TELECOM (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Strata Satu Universitas Mercu Buana)

HERLINA, MIRA (2011) HUBUNGAN DAYA TARIK IKLAN TELEVISI SMART TELECOM DENGAN PERHATIAN DAN MINAT PADA PRODUK SMART TELECOM (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Strata Satu Universitas Mercu Buana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan daya tarik iklan televisi dengan perhatian pada iklan televisi Smart Telecom dan sejauh mana hubungan dan dengan minat pada produk Smart Telecom di kalangan mahaiswa komunikasi strata satu Universitas Mercu Buana. Penelitian ini berlandaskan teori stimulus-respons yang berasumsi bahwa perilaku komunikasi manusia dapat diramalkan, manusia adalah makhluk yang statis, yang melakukan segala sesuatunya akibat adanya rangsangan dari luar (stimulus) dan suatu reaksi yang dilakukan dapat berhubungan dengan kegiatan komunikasi yang akan terjadi setelahnya dan teori pendukung menggunakan Hypodermic Needle Model yang berasumsi bahwa media massa diibaratkan sebagai sebuah jarum suntik besar yang memiliki kapasitas sebagai perangsang (stimulus) yang amat kuat sehingga mampu perhatian dan minat dan menghasilkan tanggapan (respons) yang kuat bahkan secara otomatias, reflektif, dan mekanistis. Metode yang digunakan adalah survei korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dengan tipe penelitian eksplanatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa komunikasi strata satu Universitas Mercubuana yang dianggap telah melihat iklan televisi Smart Telecom dengan menggunakan teknik pengambilan sampel "Stratified random sampling" maka diperoleh 96 responden. Hasil menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat nyata antara daya tarik iklan, perhatian pada iklan dengan minat pada produk Smart Telecom dikalangan mahasiswa komunikasi strata satu Universitas Mercubuana Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjawabnya tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu semakin baik sebuah daya tarik iklan Smart Telecom maka akan semakin tinggi perhatian dan minat pada produk dikalangan mahaiswa mahaiswa komunikasi strata satu Universitas Mercubuana. Saran bagi PT. Smart Telecom pertahankan daya tarik iklan yang sudah ada, namun sedikit tambahan sebaiknya iklan lebih menjelaskan pesan yang ingin disampaikan sehingga tepat dengan sasaran yang dituju, dengan demikian khalayak dapat menggugah keinginannya untuk berminat dan membeli produk tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: TK/52/12/014
NIM/NIDN Creators: 55206120046
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Iklan, Perhatian, Minat dan Smart Telecom
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Jul 2012 16:03
Last Modified: 21 Oct 2025 07:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38364

Actions (login required)

View Item View Item