EVALUASI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DI PULAU JAWA DAN BALI

Sudarjo, Sudarjo (2009) EVALUASI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DI PULAU JAWA DAN BALI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Pulau Jawa dan Bali periode tahun 2004-2006. Metode penelitian menggunakan analisis diskriptif comparatif mencakup rasio laba terhadap aktiva produktif, rasio laba terhadap penjualan, rasio aktiva lancar terhadap hutang lancar, rasio hutang jangka panjang terhadap ekuitas, rasio total aktiva terhadap total hutang, rasio beban operasi terhadap pendapatan operasi dan rasio aktiva produktif terhadap penjualan air dengan mengacu pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum. Metode pengumpulan data dengan cara mengcopy laporan keuangan, Metode sampling digunakan Area Random Sampling. Metode analisis data digunakan Uji Anova. Hasil penelitian dapat disimpulkan secara deskriptif dari tujuh indikator kinerja keuangan yang diteliti menunjukkan yang memiliki kinerja keuangan terbaik ditunjukkan pada indikator rasio aktiva lancar terhadap hutang lancar. Sedang kinerja keuangan yang kurang baik ditunjukkan pada indikator rasio aktiva produktif terhadap penjualan air, kecuali PDAM Provinsi Bali menunjukkan peningkatan diatas rata-rata sebesar 86.09%. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bukti penelitian, dari tujuh indikator kinerja keuangan yang diteliti menunjukkan tidak terdapat perbedaan secara nyata, tetapi pada dua indikator kinerja keuangan antar kelompok (between groups) maupun di dalam kelompok (within groups) terhadap PDAM Provinsi di Pulau Jawa dan Bali menunjukkan adanya perbedaan secara nyata, pada rasio laba terhadap penjualan, secara umum hasilnya menunjukkan peningkatan, kecuali PDAM Provinsi PDAM Provinsi Jawa Tengah dan PDAM Provinsi Bali mengalami penurunan. Sedang rasio aktiva produktif dari penjualan air sangat baik, secara umum hasilnya menunjukkan peningkatan, kecuali PDAM Provinsi PDAM Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-116
Call Number: TM/10/072
NIM/NIDN Creators: 5510412103
Uncontrolled Keywords: KINERJA, mku, manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Feb 2010 10:04
Last Modified: 14 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38157

Actions (login required)

View Item View Item