ADIMAJA, MUHAMMAD (2010) EFEK TAYANGAN PROGRAM MUSIK DEM EFEK TAYANGAN PROGRAM MUSIK DEMO DI O CHANNEL TERHADAP CHANNEL TERHADAP CHANNEL TERHADAP KOMUNITAS KOMUNITAS INDIE DI HEY FOLKS! INDIE DI HEY FOLKS! JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
Abstract
Dalam kajian ilmu komunikasi kita mengenal adanya sebuah teori mengenai komunikasi massa yang terdiri dari tiga elemant penting salah satunya efek. Efek atau pengaruh yang berkaitan dengan persoalan komunikasi massa merupakan proses dari dimensi analisis media. Yang pertama memandang dari sisi media kepada masyarakat luas beserta institusi – insitusinya. Dimensi kedua melihat kepada hubungan antara media dengan audience, baik secara kelompok maupun individual seperti hubungan antara proram Dem O dan komunitas Indie di heyfolks! jakarta selatan.Tujuannya yaitu untuk mengetahui efek yang didapat setelah menyaksikan program tayangan tersebut dengan melihat tiga segi yaitu Efek kognitif adalah efek yang berhubungan dengan pengetahuan, efek afektif berhubungan dengan perasaan, efek konatif adalah efek yang berhubungan dengan tindakan. Rumusan permasalahan ini adalah bagaimana efek tayangan program musik Dem O di stasiun televisi O channel terhadap komunitas Indie di Heyfolk! Jakarta selatan. Model dalam penelitian ini adalah model teori pendekatan AIDA yang akan menetukan efek tayangan berupa kognitif yaitu dari tingkat perhatian, afektif berdasarkan perasaan dan keinginan ,dan konatif yaitu berdasarkan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode survey. Penulis membagikan kepada responden yang ada di Heyfolks! Jakarta selatan untuk digunakan sebagai alat pengumpul data. Dengan menentukan populasi yaitu komunitas Indie di Heyfolks! Jakarta selatan.Dengan jumlah sampel 250 dari jumlah populasi yang ada di kawasan tersebut. Lalu diolah melalui tahap menyebarkan kuesioner,pembuatan table tunggal berdasarkan codding sheet, kemudian di analisis kedalam tabel frekwensi data secara kuatitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan terpaan tayangan program musik Dem O di O channel terhadap komunitas Indie di Heyfolks! Jakarta selatan cukup tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efek kognitif dan afektif yang cukup signifikansi dan efek konatif masih belum cukup signifikansi terhadap responden. Itu dapat dilihat dari jumlah responden yang bertambah pengetahuannya setelah menonton program Dem O. Namun dari segi tindakan responden belum bertindak untuk hadir dalam program tersebut. Saran yang utama adalah tayangan ini selain memberikan pengetahuan juga sebagai sarana bagi para komunitas Indie yang ada mampu menunjukan eksistensi mereka di jajaran belantika musik yang ada saat ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 062 |
Call Number: | SK/41/10/181 |
NIM/NIDN Creators: | 4410401097 |
Uncontrolled Keywords: | Tayangan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 Dec 2010 10:58 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:40 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |