STRATEGI ATASAN PT. ENERCORP INDONESIA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN (Periode tahun 2003 – 2007)

YOSITA, DEASY (2007) STRATEGI ATASAN PT. ENERCORP INDONESIA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN (Periode tahun 2003 – 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (BAB I S/D BAB V)
ISI (BAB 1 - 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & WAWANCARA)
Daftar Pustaka & Transkrip Wawancara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan suatu rencana atau desain untuk mengubah perilaku manusia dalam suatu jumlah besar melalui penyampaian ide-ide baru baik berupa pesan, informasi atau kebijakan. Ini merupakan cara yang dilakukan oleh atasan suatu organisasi atau perusahaan dalam menyampaikan kebijakan-kebijakan perusahaan. Disini seorang atasan harus mampu memilih langkah-langkah yang tepat agar kebijakan-kebijakan yang disampaikan dapat diterima dan berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Atasan PT. Enercorp Indonesia dalam Mengkomunikasikan Kebijakan Perusahaan kepada Karyawan. Kerangka konsep yang digunakan terdiri dari pengertian organisasi, komunikasi organisasi, alat arus komunikasi dalam organisasi, pengertian dan jenisjenis komunikasi internal, pengertian strategi komunikasi, prinsip-prinsip dan korelasi antar komponen dalam strategi komunikasi, pengertian kebijakan serta gambaran kebijakan dan kebijakan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan satu orang direktur PT. Enercorp Indonesia, satu orang HR Manager, dan tiga orang karyawan perusahaan. Wawancara mendalam ini bertujuan untuk memperoleh fakta dan data mengenai strategi yang digunakan oleh pimpinan perusahaan, melakukan dan melihat berhasil atau tidaknya kebijakan yang disampaikan kepada karyawan. Setelah melakukan wawancara mendalam dengan semua pihak yang menjadi narasumber, diketahui bahwa Strategi Atasan PT. Enercorp Indonesia dalam Mengkomunikasikan Kebijakan Perusahaan kepada Karyawan. Menurut penelitian dan analisis yang dilakukan penulis terdiri dari beberapa prinsip strategi komunikasi mulai dari penggunaan pesan yang dirancang untuk khalayak spesifik, mengkomunikasikan pesan bagi golongan yang tidak setuju, melokalisir penyampaian pesan, pemanfaatan saluran tradisional, mengaktifkan keikutsertaan agen-agen perubahan yang berasal dari kalangan itu sendiri serta mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media yang digunakan, pengkajian tujuan pesan dan peranan komunikator dalam penyampaian kebijakan tersebut. Dalam hal ini atasan melakukan media monitoring untuk melihat kebijakan yang disampaikan apakah bisa diterima atau tidak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 092
Call Number: SK/07/123 YOS s
NIM/NIDN Creators: 44205110039
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Feb 2008 10:07
Last Modified: 05 Mar 2025 03:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37403

Actions (login required)

View Item View Item