FELICIA, AGNES (2011) PROGRAM KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGKOMUNIKASIKAN KARIMUNJAWA, JEPARA, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER FIX.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FIX.pdf Download (14kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
Abstract
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa program komunikasi yang disusun oleh Pemerintah Daerah dalam rangka untuk mengkomunikasikan Karimunjawa terhadap masyarakat. Karimunjawa merupakan suatu kepulauan yang terletak sekitar delapan puluh tiga kilometer di sebelah utara Pulau Jawa. Keindahan pantai dan keanekararagaman terumbu karangnya serta fauna lautnya yang indah. Scuba diving, snorkeling, berenang dengan para hiu jinak, memancing, bird watching, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan di Karimunjawa. Dengan potensinya yang unik dan memukau tersebut, Karimunjawa tidak begitu dikenal oleh masyarakat, bahkan oleh penduduk Semarang yang lokasinya hanya sekitar 60 mil laut dari Karimunjawa. Untuk mengetahui program komunikasi yang disusun oleh Pemerintah Daerah yang mempublikasikan dan mempromosikan Karimunjawa. Konsep 9 steps yang digagaskan oleh Ronald D. Smith meliputi strategi humas yang komprehensif, sehingga Peneliti memutuskan untuk menggunakan konsep tersebut untuk membahaw program perencanaan komunikasi yang disusun oleh Pemerintah Daerah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan data secara primer dilakukan dengan melakukan wawancara kepada Pemerintah daerah. Sedangkan data sekunder dikumpulkan dari surat kabar, internet, buku diktat dan apa pun yang relevan untuk digunakan dalam penelitian ini. Fokus dari penelitian ini adalah dengan menggunakan konsep 9 steps oleh Smith. Hasil penelitian ini adalah bahwa program komunikasi yang disusun oleh Pemerintah Daerah belum mengikuti konsep 9 steps yang dicetuskan oleh Smith yang digunakan oleh Peneliti. Kesimpulannya adalah program komunikasi dari Pemerintah Daerah perlu ditambah dengan beberapa hal seperti riset, taktik komunikasi yang lebih bervariasi, dan evaluasi yang lebih dalam agar hasil yang didapatkan lebih akurat. Saran dari Peneliti adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan agar sasaran yang ingin dicapai dapat mengena dengan tepat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 180 |
NIM/NIDN Creators: | 44208110031 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 11:03 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/34190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |