Pengaruh Iklim Komunikasi Pendidikan dan Budaya Sekolah terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Islam Terpadu AL-Kawaakib, Kedoya Selatan Jakarta Barat

Chairunnisa, Vida (2017) Pengaruh Iklim Komunikasi Pendidikan dan Budaya Sekolah terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Islam Terpadu AL-Kawaakib, Kedoya Selatan Jakarta Barat. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

This research to determine the influence of communication climate and school culture to the development of student character of Islamic school Alkawaakib Kedoya Selatan Jakarta Barat. This research using Redding of Theory for communication climate which consisting of five factors that include supportiveness, participation in decision making, trust, openness and candor as well as high performance goals. Besides, for a school culture consists of three categories : academic culture, democracy culture and social culture. this research carried out in an integrated Islamic school Al-Kawaakib Kedoya Selatan Jakarta Barat in February until Juli 2016. The method used in this research is quantitative explanative involving 57 respondents are students of Islamic school integrated Al-Kawaakib. The questionnaire used in this research is enclosed questionnaire using likert scale. Questionnaires have been tested for validity and reliability of the product moment correlation and alpha cronbach technique. The result research showed that the character development of students in Islamic schools to be integrated at a good level or higher. Partially communications climate has a positive influence on the development of student character. School culture has has a positive influence on the development of student character. Communication climate and school culture together have a positive influence on the development of student character. This research is expected to enrich the results of research on the character development of students especially in the school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi dan budaya sekolah terhadap perkembangan karakter siswa/I Sekolah Islam Terpadu AL-KAWAAKIB, Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan teori Redding untuk iklim komunikasi yang terdiri dari lima faktor yang meliputi Supportiveness (dukungan), Partisipasi dalam membuat keputusan, Kepercayaan, Keterbukaan dan keterusterangan serta Tujuan kinerja tinggi. Selain itu untuk budaya sekolah terdiri dari tiga kategori yaitu budaya akademik, budaya demokrasi dan budaya sosial. Dan untuk perkembangan karakter siswa itu sendiri menggunakan teori determinisme genetik yaitu teori yang menjelaskan tentang Penelitian dilakukan di Sekolah Islam Terpadu AL-KAWAAKIB, Kedoya Selatan, Jakarta Barat, pada bulan Februari sampai dengan Juli 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan melibatkan 57 responden yaitu Siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu ALKAWAAKIB. Kuesioner yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert. Kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan teknik korelasi product moment dan teknik cronbach alpha.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan karakter siswa di Sekolah Islam Terpadu AL-KAWAAKIB berada pada tingkat yang baik atau tinggi. Iklim komunikasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan karakter siswa. Budaya sekolah secara parsial memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan karakter siswa. Iklim komunikasi dan budaya sekolah bersama-sama memiliki pengaruh positif mempengaruhi karakter siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya hasil-hasil penelitian mengenai perkembangan karakter siswa khususnya di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 17 003
Call Number: TK/52/17/004
NIM/NIDN Creators: 55214110071
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa, Iklim Komunikasi, Budaya Sekolah
Subjects: 200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Mar 2017 11:44
Last Modified: 10 Jul 2024 03:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item View Item