PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE PROGRAM EVALUTION and REVIEW TECHNIC (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung ASSA RENT Balikpapan)

Silaen, Lambok D.P (2017) PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE PROGRAM EVALUTION and REVIEW TECHNIC (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung ASSA RENT Balikpapan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 - HAL. COVER.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 - ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
04 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
05 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
06 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text (BAB V)
07 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08 - HAL. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jasa konstruksi merupakan layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan jasa konsultasi pengawasan konstruksi. Demi kelancaran sebuah proyek dibutuhkan manajemen yang akan mengelola proyek dari awal hingga proyek berakhir yakni manajemen proyek. Metode yang sering digunakan dalam penjadwalan adalah Bar Chart ataupun Critical Path Method (CPM). Namun metode ini memiliki kelemahan sehingga untuk mengatasi kelemahan tersebut maka penjadwalan dilakukan dengan metode Program Evalution and Review Technic (PERT). Metode penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data secara langsung pada perusahaan yang menjadi objek penelitian, yaitu Interview dan Dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan Diagram Network. Selain itu menggunakan Metode Penulisan ES, EF, LS, LF dan program evaluation and review technic (PERT), menggunakan 2 estimasi waktu penyesuaian, yaitu Expected Time (ET) dan Estimasi probabilitas waktu penyelesaian (Z). Berdasarkan hasil analisis bahwa kebutuhan proyek pada dasarnya cukup baik, namun tidak diikuti dengan pengawasan yang baik. Dengan penerapan metode PERT maka dapat diketahui besarnya waktu yang dibutuhkan, besarnya tingkat keyakinan yang dinginkan dalam menentukan waktu setiap kegiatan, pengawasan terdapat aktivitas khususnya yang berada dalam jalur kritis dapat lebih dikonsentrasikan, dan dari segi waktu penyelesaian untuk rencana awal perusahaan adalah 240 hari dan dengan melakukan percepatan menggunakan metode PERT memungkinkan perusahaan dalam mengerjakan proyek tersebut dapat menyelesaikan dalam jangka waktu 233 hari kontingensi 2 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 052
NIM/NIDN Creators: 41115110173
Uncontrolled Keywords: manajeman proyek, network planning, metode PERT
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.4 Research; Statistical Methods/Riset; Metode Statistik > 001.42 Reseach Methods/Metode Riset
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 022 Administration of The Physical Plant/Administrasi dan Fisik Perpustakaan > 022.3 Buildings/Bangunan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Mar 2017 11:15
Last Modified: 03 Feb 2024 06:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33428

Actions (login required)

View Item View Item