PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY 3 STUDI KASUS BANDARA SOEKARNO-HATTA DENGAN MEMBANDINGKAN NILAI ACN

Pratama, ADITIA (2017) PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN RUNWAY 3 STUDI KASUS BANDARA SOEKARNO-HATTA DENGAN MEMBANDINGKAN NILAI ACN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB III)
05.Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura II merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia yang melayani 420.000. Namun bersadarkan data yang dilansir oleh PT. Angakas Pura II, jumlah pergerakan pesawat di bandra Sokarno-Hatta 412.000. Karena jumlah pergerakan sudah mendekati data pesawat yang harus dilayani oleh bandar Soekarno-Hatta, maka PT. Angkasa Pura II merencakan untuk membuat runway baru untuk memenuhi kapsitas pergerakan pesawat yang akan datang. Jenis desain perkerasan bandar udara ada dua, yaitu perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Terdapat berbagai kelebihan dari masing-masing jenis perkerasan. Dalam mendesain perkerasan diperhitungkan nilai ACN (Aircraft Classfication Number) dari setiap pesawat yang akan dilayani oleh runway baru serta nilai CDF (Cumulatif Damage Faktor) yaitu nilai pergerakan setiap pesawat yang akan mengakibatkan kerusakan pada runway baru. Dalam Tugas Akhir ini menggunakan Software FAARFIELD (Federal Aviation Administration Rigid and Flexible Iterative Elastic Layered Design) untuk mendapatkan tebal efekif yang dibutuhkan untutk runway baru dalam melayani pergerakan pesawat yang akan datang. Setelah didapat tebalnya untuk mencari nilai PCN yang akan di publis dengan menggunakan Software COMFAA. Dalam Tugas Akhir didapat jenis perkerasan lentur dengan tebal 42,88in atau 109cm seta nilai PCN 129 F/ C/ X/ T untuk melayani pergerakan pesawat selama 20 tahun. Kata Kunci : Bandara, Runway, jenis perkerasan,ACN, CDF, FAARFIELD, COMFAA

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 017
NIM/NIDN Creators: 41112010069
Uncontrolled Keywords: Bandara, Runway, Jenis Perkerasan, ACN, CDF, FAARFIELD, COMFAA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Feb 2017 15:21
Last Modified: 02 Dec 2021 04:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/32811

Actions (login required)

View Item View Item