ANALISIS PARKIR DI DJAKARTA THEATER AKIBAT PEMBANGUNAN MRT

DWIANSYAH, BILAL AVINTO (2017) ANALISIS PARKIR DI DJAKARTA THEATER AKIBAT PEMBANGUNAN MRT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstract.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08 Daftar Pustaka _ Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada transportasi darat khususnya kendaraan pribadi memilik tingkat kepemilikan yang tinggi di ibukota jakarta ini seiring dengan kemajuan ekonomi tersebut, peningkatan kepemilikan ini tidak sebanding dengan pembangunan infrastruktur lainnya sehingga ini akan mengakibatkan beberapa masalah antara lain kemacetan, kelancaran lalu lintas, ketersediaan lahan parkir dan berubahnya tata ruang kota akibat pembangunan infrastruktur penunjang. Djakarta Theater adalah salah satu bioskop yang terdapat di daerah Thamrin. Ditempat ini disediakan gedung parkir yang cukup besar untuk menampung kendaraan para pengunjung, diharapkan gedung parkir ini dapat menampung kegiatan parkir sampai dengan pembukaan MRT (Mass Rapid Transit) tahap 2 selesai dilakukan yaitu tahun 2020 dan juga para pengguna MRT diharapkan dapat kendaraannya pada area parkir Djakarta Theater Metoda dalam melakukan kajian ini menggunakan Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir oleh Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1998 (Dit BSLLAK, 1998) meliputi : akumulasi parkir, durasi parkir, indeks parkir, pergantian parkir, pola parkir, dan prediksinya, serta perkiraan perhitungan pendapatan. Penelitian ini dilakukan melalui observasi lapangan dan pengumpulan data skunder yang dilakukan pada hari yang dianggap paling sepi dan ramai menurut infornmasi pihak pengelola. Yaitu untuk hari yang dianggap sepi adalah Minggu, 20 November 2016. Dan untuk hari yang dianggap ramai adalah Jumat, 25 November 2016 dimulai dari jam 07.00 – 21.00. Hasil volume parkir yang didapat dari penelitian ini untuk kendaraan motor dan mobil pada hari minggu sejumlah 354 dam 565 sedangkan untuk hari jumat adalah 836 dan 758. Untuk akumulasi parkir terbesar didapat kendaraan motor 101 kendaraan pada hari jumat jam 13.00 – 13.59 sedangkan untuk mobil pada hari yang sama didapat 201 kendaraan pada jam 11.00 – 11.59. Untuk durasi parkir motor rata – rata terlama ada pada hari Minggu, 20 November yaitu 4,07 jam, sedangkan untuk mobil durasi parkir mobil rata rata terlama pada hari Jumat, 25 November 2016 yaitu 2,59 jam. Indeks parkir untuk kedua jenis kendaraan masih dibawah 100%. Angka pergantian parkir terbesar untuk motor adalah 2 pada hari Jumat, 25 November 2016, sedangkan untuk kendaraan mobil adalah 2 baik pada hari Minggu, 20 November 2016 maupun Jumat, 25 November 2016. Untuk prediksi kebutuhan parkir masih sangat cukup dibanding dengan pedoman parkir yang berlaku. Prediksi volume parkir dihitung dengan pertumbuhan parkir 8,75 % sampai dengan tahun 2020. Prediksi indeks parkir didapatkan pada tahun 2020 masih dapat menampung kendaraan untuk kebutuhan parkir area Djakarta Theater dan diharapkan dapat menampung para pengguna kegiatan (MRT) Kata kunci : Kajian parkir, MRT (Mass Rapid Transit), kendaraan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 020
NIM/NIDN Creators: 41112110027
Uncontrolled Keywords: Kajian Parkir, MRT (Mass Rapid Transit), Kendaraan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.5 Narrow-Gage and Special-Purpose Railroads/Kereta Apri dan Tujuan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.6 Inclined and Mountain Railroad Systems/Sistem Pendakian dan Pegunungan Jalan Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.75 Railroad Transportation Facilities/Fasilitas Transportasi Kereta Api
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.33 Railroad and Rapid Transit Buildings/Jalan Kereta Api dan Stasiun Persinggahan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Feb 2017 16:05
Last Modified: 02 Dec 2021 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item