Perencanaan Strategi Operasi Dnegan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT Charoen Pokphand Indonesia Divisi Poultry Equipment)

NURAINI, FITRIA (2006) Perencanaan Strategi Operasi Dnegan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT Charoen Pokphand Indonesia Divisi Poultry Equipment). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
covertesis1.doc.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
bab1tesis.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (Bab 2)
bab2tesisku.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (Bab 3)
bab3.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB4.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (Bab 5)
bab5.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran tesis.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri peralatan peternakan juga dialami oleh PT Charoen Pokphand Indonesia Divisi Poultry Equipment, hal ini dikarenakan adanya faktor internal, faktor ekonomi dan lingkungan juga persaingan yang semakin ketat dengan para pesaingnnya. Penulisan tesis ini bertujuan untuk memahami kondisi internal dan eksternal PT Charoen Pokphand Indonesia Divisi Poultry Equipment serta membantu dalam perencanaan strategis operasi sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan dengan pendekatan metode Balanced Scorecard. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi yang bersifat deskriptif. Langkah pertama yang dilakukan adalah menganalisa internal perusahaan (SDM, proses produksi, bahan baku, produk, serta keuangan) serta analisa pasar dan pesaing. Hasil dari analisa dibuat perumusan SWOT untuk mempermudah dalam perumusan peluang dan masalah utama. Dari perumusan tersebut dibuat identifikasi alternative strategi yang kemudian dipilih strategi yang dapat mengatasi peluang dan masalah tersebut. Dari hasil identifikasi dipakai strategi peningkatan pendapatan dan strategi peningkatan produktifitas yang ditunjang dengan peningkatan utilisasi asset. Strategi ini kemudian diterjemahkan dalam 4 perspektif Balanced Scorecard dalam bentuk sasaran strategi, inisiatif strategi, yang juga disertai indikator hasil serta indikator pemacu kinerja. Tiap-tiap sasaran strategi dan inisiatif strategi dibuat hubungan sebab akibat dengan tujuan utama adalah peningkatan profit guna peningkatan shareholder value. Pada penulisan ini untuk pembuatan target hanya pada jalur tertentu untuk mempermudah dalam pemahaman. Diharapkan dengan perencanaan strategi dengan perspektif yang luas dapat melipatgandakan kinerja keuangan yang selama ini menjadi fokus utama dalam industri khususnya di PT Charoen Pokphand Indonesia Divisi Poultry Equipment.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-032
NIM/NIDN Creators: 1310312-050
Uncontrolled Keywords: MPO, Manajemen Operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Jul 2012 12:21
Last Modified: 28 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31893

Actions (login required)

View Item View Item