Analisis Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Call Center Permatatel di PT. Bank Permata Tbk, Jakarta

INDRIYATI, INDRIYATI (2006) Analisis Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Call Center Permatatel di PT. Bank Permata Tbk, Jakarta. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrac.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
Lembar Pengesahan-1.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI (baru).pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Grafik)
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Rumus)
DAFTAR-Rumus.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
PERMATATELBAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (Bab 2)
PERMATATELBAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (Bab 3)
PERMATATELBAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (Bab 4)
PERMATATELBA4revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (Bab 5)
PERMATATELBAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
STUDI PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (Lampiran)
Korelasi Skor Totel dengan Item Persepsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Industri perbankan adalah sebuah lembaga pelayanan. Oleh karena itu, memberikan pelayanan yang terbaik merupakan urat nadi suatu bank. Tanpa pelayanan yang baik,bank akan ditinggalkan nasabahnya. Perbankan nasional dewasa ini telah memasuki tingkat persaingan yang cukup ketat. Ketatnya persaingan ini tentunya mendorong masing-masing bank memasang taktik dan strategi untuk mensiasati pasar. Mulai pulihnya perekonomian nasional dan meningkatnya taraf hidup masyarakat mendorong pula bertambahnya kebutuhan akan layanan dan sarana yang mampu menunjang efisiensi dan efektifitas dalam melakukan berbagai transaksi bisnis dan keuangan. Maka untuk menjawab tantangan tersebut, maka kalangan industri perbankan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang juga sedemikian pesat, berlomba untuk mencari inovasi produk produk terbaru untuk memberikan pelayanan yang praktis,nyaman, aman, dan efektif serta efisien sesuai tuntutan masyarakat baik dari segi biaya maupun waktu. Akibat krisis moneter tahun 1998 yang melanda di Indonesia sebagai akibat dampak globalisasi telah memburuk hampir semua sektor ekonomi yang ada termasuk Perbankan di Indonesia. Kurs rupiah jatuh sangat rendah, dana masyarakat banyak dokonversi ke dollars Amerika sehingga suku bunga simpanan melonjak jauh yang berdampak kepada tingginya suku bunga kredit. Hampir sebagian pengusaha tidak mampu mengembalikan kreditnya dan Bank harus mencadangkan penghapusan kredit sehingga modal bank berkurang bahkan minus. Kompetisi antar bank dalam mempertahankan dan mendapatkan nasabah baru berlangsung begitu ketat, suasana persaingan itu secara alami telah menuntut setiap bank untuk mengembangkan keunggulan komparatif dari masing-masing produk atau jasa layanan finansial. Berbagai strategi dilakukan oleh pihak bank dalam rangka menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabahnya. Persaingan perbankan pada beberapa tahun ini berkisar pada penawaran berbagai variasi produk bank seperti tabungan, dan deposito berjangka dengan suku bunga yang menarik, giro, ATM, kartu kredit, kartu debet, serta fasilitas-fasilitas lainnya. Menyadari betapa pentingnya kualitas pelayanan dalam dunia perbankan karena berkaitan dengan citra bank yang terbentuk dalam masyarakat. Hampir semua bank berlomba menciptakan produk-produk yang menarik. Namun sebagai industri jasa, aspek pelayanan adalah faktor yang semakin penting sebagai bahan pertimbangan nasabah dalam memilih, apalagi melanjutkan hubungan dengan suatu bank. Dalam kenyataan seringkali menciptakan dan menjual produk yang menarik lebih mudah dibandingkan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, sebab pelayanan menyangkut penanganan sumber daya manusia secara langsung yang agak sulit distandarisasikan, meskipun bukannya suatu hal yang mustahil. Dewasa ini nasabah cenderung lebih kritis. Nasabah tidak lagi hanya memilih produk yang menarik saja, tetapi juga mempunyai tuntunan yang tinggi terhadap pelayanan. Sebagai industri jasa, pelayanan merupakan suatu hal yang penting bagi nasabah. Citra suatu bank terletak dari pelayanannya. Bila nasabah sudah merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh frontliners staff suatu bank, maka nasabah tersebut akan tidak mudah berlaih ke bank lain.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-070
NIM/NIDN Creators: 5510411-066
Uncontrolled Keywords: MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Jun 2012 11:29
Last Modified: 29 Jul 2022 07:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31835

Actions (login required)

View Item View Item