FIRIANDRY, REINARD (2006) Analisis Strategi Bisnis dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Melalui Pendekatan Balanced Scorecard (studi kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER TESIS.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (Pengesahan)
pengesahan.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (Katat Pengantar)
KATA PENGANTAR.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB IIrev.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB IIIrev.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IVrev.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (Bab 5)
babVRev.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (Lampiran)
Lampiran kuesioner.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
Abstract
Dunia bisnis bahan bangunan semen merupakan suatu bisnis yang berada dalam lingkungan dinamis sehingga setiap perusahaan yang berkompetisi di dalamnya harus dapat menentukan strategi bisnis yang tepat untuk memenangkan persaingan dalam bisnis ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi bisnis yang tepat bagi perusahaan PT Indocement Tunggal Prakarsa dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Strategi bisnis yang telah disusun akan dijabarkan ke dalam empat perspektif BSC yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif customer, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini juga mengukur kinerja perusahaan selama ini untuk menganalisa kesenjangan yang ada antara sasaran strategis yang ingin dicapai oleh manajemen perusahaan dengan implementasi di lapangan. Hasil pengukuran menunjukan perspektif pelanggan memiliki nilai terendah, yaitu untuk indeks kepuasan pelanggan sebesar 65.32% dari target indeks sebesar 90, retensi pelanggan sebesar 47.8% dari target 70% dan nilai akuisisi pelanggan sebesar 15% dari target 30%. Dan untuk kepuasan kerja karyawan mencapai nilai 75 % dari nilai standar adalah 50 %, sedangkan untuk dua perspektif lainnya tidak diperoleh data akuratnyamaka dapat ditarik kesimpulan dari keadaan pasar. Untuk itulah beberapa kesenjangan inilah yang dicoba untuk diperbaiki dengan program- program yang diusulkan. Implementasi BSC dimulai dari peranan dan tanggung jawab manajemen puncak, usaha sosialisasi serta partisipasinya oleh seluruh karyawan. Pola umpan balik dalam konsep BSC membuat strategi di PT Indocement Tunggal Prakarsa menjadi lengkap sehingga perbaikan berkelanjutan yang terstruktur dapat berjalan lancar. Kata Kunci : strategi bisnis, Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-06-036 |
NIM/NIDN Creators: | 5510411-052 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Balanced Scorecard, MKU, Manajemen Keuangan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 01 Jun 2012 11:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:23 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31832 |
Actions (login required)
View Item |