Analisis Hubungan Antara Realibility dengan Cph (Studi Kasus Forklift Kapasitas 5 Ton di Terminal Operator)

PARULIAN, BAGINDA P. (2006) Analisis Hubungan Antara Realibility dengan Cph (Studi Kasus Forklift Kapasitas 5 Ton di Terminal Operator). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.doc.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
daftar.doc.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
bab1.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (Bab 2)
bab2.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (Bab 3)
bab3.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (Bab 4)
bab4.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (Bab 5)
bab5.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.doc.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Saat ini, setiap aktfitas bisnis tidak lagi hanya bergantung kepada tenaga manusia tetapi juga mengadalkan peralatan mekanis. Penggunaan peralatan mekanis secara tidak sadar menciptakan iklim “lebih cepat”, “lebih baik” dan “lebih murah” sehingga daya saing bisnis menjadi lebih kompetitif. Seperti tenaga manusia, peralatan mekanis juga memiliki “siklus hidup” dan “konsumsi hidup.” Perusahaan Bongkar Muat (PBM) merupakan perusahaan yang menjalankan aktfitas pembokaran dan pemuatan dari/ke dalam kapal. Salah satu PBM yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, memiliki beragam jenis peralatan mekanis salah satunya forklift dengan kapasitas 5 ton. PBM merupakan “user” dari peralatan mekanis dalam empat aktifitas utamanya, yaitu: ship operation, quay transfer, warehousing dan receipt/delivery. Salah satu cara untuk mengukur performansi operasi “siklus hidup” forklift di PBM adalah dengan menghitung nilai reliability, sedangkan mengukur performansi keuangan “konsumsi hidup” dengan menghitung nilai cost per hour (Cph). Masih adanya suatu asumsi masyarakat umum, termasuk di perusahaan ini bahwa memiliki peralatan mekanis yang berusia “tua” di atas lima tahun lebih menguntungkan dibandingkan peralatan mekanis yang berusia “muda” di bawah lima tahun. Penelitian ini akan mencoba menjawab asumsi yang ada, hubungan antara nilai reliability dengan nilai Cph dengan studi kasus forklift di salah perusahaan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-031
NIM/NIDN Creators: 1310312-057
Uncontrolled Keywords: MPO, Manajemen Operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 May 2012 13:09
Last Modified: 28 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31819

Actions (login required)

View Item View Item