Penghitungan tekanan kerja sebagai dasar acuan dalam pemilihan material instalasi pipa chilied water supply dan return di oakwood premier cozmo project

rahman, Mujibur (2007) Penghitungan tekanan kerja sebagai dasar acuan dalam pemilihan material instalasi pipa chilied water supply dan return di oakwood premier cozmo project. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)

Abstract

Tekanan kerja aktual dalam suatu sistem pemipaan merupakan dasar dari pemilihan material yang akan digunakan pada suatu sistem. Dengan mengetahui tekanan kerja aktual yang ada pada jaringan pipa CHWS/R, maka akan dapat dijadikan pedoman dalam menyeleksi material yang akan digunakan dalam sistem tersebut. Dengan dasar inilah penulis mencoba melakukan penghitungan berapa tekanan kerja aktual yang ada pada tiap-tiap lantai yang hasilnya akan dijadikan pedoman dalam menyeleksi material yang akan digunakan dalam sistem pemipaan air dingin di proyek apartement oakwood premier cozmo ini. Data dan metode yang digunakan dalam penghitungan tekanan kerja ini didapat dari literatur dan data-data dari lapangan. Data yang didapat dari lapangan antara lain ketinggian gedung dan data-data teknis dari peralatan utama dan peralatan bantu yang dibutuhkan dalam proses penghitungan yang penulis lakukan. Persyaratan tekanan kerja material yang akan digunakan yang diberikan oleh pihak konsultan perencana yaitu 20,3 kg/cm² adalah untuk faktor keamanan agar tidak terjadi kebocoran pada sistem saat beroperasi. Sedangkan dari hasil penghitungan tekanan kerja yang dilakukan penulis maka pihak kontraktor pelaksana pekerjaan konstruksi bisa menggunakan material dengan tekanan kerja menyesuaikan dengan tekanan kerja pada masing– masing lantai yaitu : 1 Lantai 4 – 8 menggunakan material dengan tekanan kerja 20 kg/cm². 2 Lantai 9 – 21 menggunakan material dengan tekanan kerja 16 kg/cm². 3 Lantai 22 – 27 menggunakan material dengan tekanan kerja 12 kg/cm².

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 113
Call Number: STI/07/751 RAH p
NIM/NIDN Creators: 0130311-056
Uncontrolled Keywords: INSTALASI PIPA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Jan 2008 11:50
Last Modified: 05 Jun 2017 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30561

Actions (login required)

View Item View Item