STRATEGI MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS PT TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA DALAM MENGELOLA KASUS PASKA PENAYANGAN BAKSO TIKUS

NUGRHAINY, DINY (2007) STRATEGI MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS PT TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA DALAM MENGELOLA KASUS PASKA PENAYANGAN BAKSO TIKUS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata pengantar .pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
Lembar Persetujuan Sidang Skripsi.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Lulus Sidang.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi .pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR AMPIRAN)
Daftar Lampiran .pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1 Pendahuluan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 Kerangka Pemikiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Krisis bakso tikus disebabkan oleh tayangan Reportase Investigasi TRANS TV pada tanggal 31 Desember 2005 tetang bakso yang menggunakan daging tikus, sehingga mengakibatkan 70% omset penjual bakso menurun. Pedagang bakso yang tergabung dalam beberapa organisasi pedagang bakso melakukan unjuk rasa menuntut TRANS TV untuk memberikan nara sumber pedagang yang menggunakan daging tikus serta membantu mengembalikan nama baik mereka. Oleh karena itu untuk mengelola kasus ini TRANS TV menerapkan strategi manajemen krisis agar mampu keluar dari krisis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi manajemen krisis public relations TRANS TV dalam mengelola kasus paska penayangan bakso tikus periode Jan – Feb 2006 Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, public relations, strategi komunikasi, dan manajemen krisis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan Koordinator Media Relations TRANS TV, Produser Reportase Investigasi. Selain itu untuk melakukan triangulasi data, dilakukan juga wawancara dengan salah satu wakil pedagang bakso. Tujuan dilakukan triangulasi data untuk melakukan check and recheck terhadap data yang didapat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa untuk mengelola kasus bakso tikus ini, Tim Kerja TRANS TV menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari mengumpulkan infomasi sebanyak mungkin, membentuk crisis managment center, mengerti kebutuham media pada saat krisis, indetifikasi permasalahan, analisa krisis, isolasi krisis, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi dan evaluasi program. Kesimpulan penelitian ini bahwa TRANS TV melalui strategi yang diterapkan mampu mengelola kasus dan keluar dari krisis bakso tikus. Hal ini bisa dilihat dalam kurun waktu 1 bulan tidak ada lagi pemberitaan dari media massa mengenai kasus bakso tikus ini. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar evaluasi program dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui kelemahan setiap tahap yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 103
Call Number: SK/07/249 NUG s
NIM/NIDN Creators: 44205110015
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KRISIS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Apr 2008 13:55
Last Modified: 13 Mar 2025 06:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29995

Actions (login required)

View Item View Item