PENGARUH STIMULUS IKLAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN KARTU MENTARI

Antoso, Agus (2008) PENGARUH STIMULUS IKLAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN KARTU MENTARI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover Tesis Luar-Karya Akhir.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstract.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstraksi-Karya Akhir.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Pengesahan Karya Akhir.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pernyataan)
Pernyataan-Karya Akhir.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar-Karya Akhir.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi-Karya Akhir.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Tesis BAB I-Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Bab 2)
Tesis BAB II-Deskripsi Perusahaan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (Bab 3)
Tesis BAB III-Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (Bab 4)
Tesis BAB IV-Metode Riset.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (Bab 5)
Tesis BAB V-Hasil dan Analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (Bab 6)
Tesis BAB VI-Kesimpulan dan Rekomendasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (Lampiran)
Kuesioner-Karya Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Dari hasil penelitian ”Pengaruh Stimulus Iklan dan Personal Selling terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Kartu Mentari” kepada 100 orang responden yang menggunakan kartu Mentari di wilayah Depok sekitarnya, dengan menggunakan teknik penarikan sampel Judgment Sampling dan analisis data menggunakan Analisa Regresi dan Korelasi terhadap 5 (lima) variabel meliputi : stimulus iklan, stimulus personal selling, daya tarik, persepsi dan niat beli ulang, maka diketahui bahwa keputusan menggunakan kartu Mentari sangat ditentukan sekali oleh peran operator selular dalam penayangan iklan (stimulus iklan) dan peran tenaga penjual langsung (stimulus personal selling). Kegiatan iklan dan personal selling berhubungan secara signifikan terhadap daya tarik (attention) konsumen menggunakan kartu Mentari dengan nilai signifikansi korelasi untuk iklan sebesar 0.000 jauh dibawah taraf signikan, demikian pula peran personal selling yang mempunyai nilai masih jauh dibawah taraf signifikansi dengan nilai sebesar 0.007. Dengan pengujian koefesien regresi (uji-t) untuk stimulus iklan mempunyai nilai 3.568 dan stimulus personal selling 2.371 dimana keduanya mempunyai nilai koefesien yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.960 artinya koefesien regresi keduanya signifikan. Sedangkan nilai signifikasi stimulus iklan 0.001 dan stimulus personal selling 0.02 atau masih berada di bawah taraf signifikan (0.05) yang mengartikan bahwa iklan dan personal selling benar- benar memberikan pengaruh secara signifikan terhadap daya tarik (attention). Daya tarik (attention) yang dimiliki oleh konsumen juga akan berpengaruh terhadap persepsi (perception) yang ada dibenak konsumen perihal kartu Mentari di mana dibenak konsumen terbangun persepi bahwa produk yang digunakan mempunyai tarif yang murah, sinyalnya kuat, banyak bonus smsnya, memiliki fitur yang handal dan merek yang terkenal. Hubungan antara daya tarik dan persepsi cukup kuat dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0.425. Daya tarik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi konsumen dengan memberikan nilai signifikansi sebesar 0.000 (jauh di bawah taraf signifikan 0.05). Persepsi (perception) yang telah terbangun tersebut secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat beli ulang (repurchase intention) konsumen, karena persepsi yang telah terbangun akan mendorong konsumen untuk menggunakan kartu Mentari sebagai pilihan utama saat ini dan akan datang. Hubungan antara keduanya juga kuat dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0.666 dan persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 (jauh di bawah taraf signifikan). Kata Kunci : Stimulus Iklan, Stimulus Personal Selling, Daya Tarik, Persepsi dan Niat Beli Ulang. From the result reseach ”The Influence Adverstising Stimulus and Personal Selling Toward decided Consumer to Using Mentari Card” This reseach about for 100 (one hundred) person respondends that using Mentari card there are living around Depok region with Judgement Sampling method and data analysis using multiple regression and correlation analysis concerning for five variables including : advertisement, personal selling, attention, perception and repurchase intention then knowing that decided to using Mentari card most determine from sellular operator activity within adverstisement broadcast (advertising stimulus). Activity in advertising and and personal selling both have related to significant toward or for to attention with coeffecient value 0.000 less than significant level 0.05, such also too personal selling activity that have coeffecient value 0.007 less than significant level 0.05 with regression coeffecient test (t-test) for advertising stimulus have value is 3.568 and personal selling is 2.371 there are both have coeffecient large than t-table with value 1.960 that meaning both regression coeffecient are significant. That are significant value advertising stimulus is 0.001 and personal selling is 0.02 or to do in place under significant level 0.05 that meaning adverstising stimulus and personal selling gives really influences to significant concerning consumer attention. Attention for consumer properties also will to influence toward perception that there is consumer mindset thinking about Mentari card where the mind consumer was build perception for product using have economical talking tarif, fitur excellent and top brand, strong in signal, and much sms reward. Relationship between attention and perception have stong enough, with correlation coeffecient value is 0.425. Attention have significant influence toward consumer perception with give significant value is 0.000 (under so far or less than significant level 0.05). Perception was building according to significant have influence toward repurchase intention because preception was build will to push consumer for action to prime choice using Mentari card as daily communication instrument nowing and future. Relationship between are strong with correlation coeffecient value is 0.666 and perception influence significant concerning repurchase intention with significant value is 0.000 less than signifcant level 0.05. Keyword : adverstising stimulus, personal selling stimulus, attention, perception, and repurchace intention

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-001
Call Number: TE/09/031
NIM/NIDN Creators: 5510412-059
Uncontrolled Keywords: adverstising stimulus, personal selling stimulus, attention, perception, Stimulus Iklan, Stimulus Personal Selling, Daya Tarik, Persepsi dan Niat Beli Ulang, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 30 Jul 2009 15:54
Last Modified: 15 Jul 2022 02:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item View Item