Analisis pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi orang tua terhadap prestasi anak di TK Ipeka puri

JUNIARTI, LILIS (2008) Analisis pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi orang tua terhadap prestasi anak di TK Ipeka puri. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Halaman depan surat.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
PENGESAHAN_PENGANTAR_IJIN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Isi - Daftar Pustaka)
Tesis Lilis umb_edit(Sidang)4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (Lampiran)
KUESIONER PENELITIAN_92_96.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di TK IPEKA Puri”, merupakan suatu kajian akan hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Anak yang duduk di Taman Kanak-Kanak adalah anak yang berada pada usia keemasan (golden age), yaitu masa dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai upaya pengembangan.Anak belajar untuk mengenal dirinya sendiri dan membentuk identitas pribadi, anak juga belajar memahami proses interaksi sosial dan mengenal kesamaan dan perbedaan yang dimilikinya terhadap orang lain yang berada dilingkungan sekitarnya. Bersamaan dengan proses pembelajaran tersebut anak juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan didalam dirinya secara fisik maupun mental. Perkembangan tersebut meliputi area: motorik, biologis, kognitif (kemampuan berpikir atau kecerdasan), dan perkembangan emosi, afektif,sosial. Pertumbuhan diketiga area ini berlangsung terus secara beresinambungan dan variatif didalam proses tumbuh kembang anak. Setiap anak pada dasarnya memiliki kecerdasan dan berhak untuk disebut ”cerdas” karena setiap anak adalah pribadi yang unik. Kecerdasan dipengaruhi oleh kebudayaan dimana ia dilahirkan. Dengan demikian kecerdasan berkembang diluar individu, dan meningkat melalui interaksi dengan orang lain. Kecerdasan yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar. Oleh sebab itu adalah perlu bagi orangtua untuk menciptakan lingkungan yang baik unuk membantu perkembangan semua kecerdasan. Karena setiap kecerdasan memiliki pola perkembangan yang berlainan maka kecerdasan emosi dan motivasi orangtua sangat diperlukan untuk membantu anak berkembang secara maksimal sehingga anak dapat memiliki karakter yang baik dan berprestasi. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar anak adalah dengan meningkatkanKecerdasan Emosi dan Motivasi orangtua. Dari hasil penelitian didapat bahwa Kecerdasan Emosi dan Motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa terutama bagi anak anak yang berprestasi baik (anak golongan A) dan anak yang belum berprestasi (anak paka golongan C), ini dibuktikan dari perhitungan F-hitung pada 30 responden orangtua murid di TK IPEKA Puri, maka didapat hasil nilai Fhitung = 31.881( Golongan A) dan Fhitung =8.226 ( Golongan B), dengan p=0,000 atau p < 0,05 maka regresi dapat dipakai untuk memprediksi Prestasi. maka terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama. Berdasarkan perhitungan masing-masing variabel Kecerdasan Emosi lebih mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Belajar pasa siswa yang berprestasi, sedangkan motivasi lebih mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap anak yang berprestasi baik. Sementara untuk anak yang golongan B, Kecerdasan Emosi dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang lemah terhadap prestasi siswa didapat hasil nilai Fhitung = 0.847dengan p=0,000 atau p < 0,05 maka regresi tidak dapat dipakai untuk memprediksi Prestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-08-069
NIM/NIDN Creators: 55105110100
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, MSDM, Manajemen Sumber Daya Manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 May 2008 14:08
Last Modified: 02 Nov 2022 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27217

Actions (login required)

View Item View Item