MAULINA, CUT DIAN (2007) PERSEPSI PESERTA EVENT LOMBA FOTO PERSAHABATAN DOVE TERHADAP KAMPANYE DOVE “REAL BEAUTY REAL FRIENDS”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 LEMBAR PERSETUJUAN, LULUS SIDANG, PENGESAHAN.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03 ABSTRAK.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04 KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05 DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
06 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
07 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
08 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
09 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
10 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
Abstract
Kampanye Dove “Real Beauty, Real Friends.” ini hadir akibat adanya pandangan stereotype tentang kecantikan, dimana berkembang suatu pengertian bahwasa cantik itu diidentikkan dengan tubuh yang langsing, kulit yang putih dan rambut yang lurus tergerai panjang. Stereotype ini membuat perempuan kurang percaya diri karena merasa dirinya tidak cantik. Dengan kampanye yang mengusung misi Dove yaitu mendukung keberagaman (diversity) pada perempuan baik dari segi usia, bentuk tubuh, ukuran tubuh, warna kulit, dan sebagainya ini, Dove memperluas ruang lingkup real beauty dalam hubungan pertemanan antar perempuan di mana pertemanan sejati merupakan elemen penting yang membuat perempuan merasa cantik. Kampanye Dove 'Real Beauty,Real Friends' dilakukan dalam bentuk lomba foto pertemanan sejati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pada tahap perhatian (atensi), pemahaman (interpretasi) dan sikap (attitude) khalayak terhadap Kampanye Dove “Real Beauty, Real Friends.” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi dari penelitian ini adalah peserta event lomba foto pesahabatan berjumlah 381 orang dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi khalayak terhadap Kampanye Dove ”Real Beauty Real Friends” yang diteliti menghasilkan gambaran yang bervariasi satu sama lain, hal ini dapat dilihat berdasarkan kategori-kategori jawaban yang berbeda pada tabel-tabel yang disajikan. Namun melihat dari keseluruhan analisis data maka persepsi khalayak terhadap Kampanye Dove ”Real Beauty Real Friends” adalah positif. Penulis menyarankan agar Dove lebih menggiatkan lagi kampanye-kampanye seperti ini, sehingga lebih menunjukkan citra brand yang positif dalam pencitraan kecantikan yang sesungguhnya (real beauty) ditengah stereotype kecantikan yang menyesatkan yang ada pada masyarakat kita. Juga akan lebih baik apabila Dove menggiatkan program kampanye yang lebih bersifat edukatif yang ditujukan pada khalayak remaja karena remaja adalah audience “masa depan” dan sebagaimana diketahui remaja adalah usia yang rentan terhadap terpaan informasi, sehingga diharapkan informasi yang edukatif yang diterima oleh mereka pada tahap dini akan lebih mencapai sasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 076 |
Call Number: | SK/07/174 MAU p |
NIM/NIDN Creators: | 44205110056 |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 08 Apr 2008 10:40 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:47 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |