PERSEPSI PESERTA EVENT LOMBA FOTO PERSAHABATAN DOVE TERHADAP KAMPANYE DOVE “REAL BEAUTY REAL FRIENDS”

MAULINA, CUT DIAN (2007) PERSEPSI PESERTA EVENT LOMBA FOTO PERSAHABATAN DOVE TERHADAP KAMPANYE DOVE “REAL BEAUTY REAL FRIENDS”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 LEMBAR PERSETUJUAN, LULUS SIDANG, PENGESAHAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03 ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04 KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB II)
07 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
08 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
09 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB V)
10 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Kampanye Dove “Real Beauty, Real Friends.” ini hadir akibat adanya pandangan stereotype tentang kecantikan, dimana berkembang suatu pengertian bahwasa cantik itu diidentikkan dengan tubuh yang langsing, kulit yang putih dan rambut yang lurus tergerai panjang. Stereotype ini membuat perempuan kurang percaya diri karena merasa dirinya tidak cantik. Dengan kampanye yang mengusung misi Dove yaitu mendukung keberagaman (diversity) pada perempuan baik dari segi usia, bentuk tubuh, ukuran tubuh, warna kulit, dan sebagainya ini, Dove memperluas ruang lingkup real beauty dalam hubungan pertemanan antar perempuan di mana pertemanan sejati merupakan elemen penting yang membuat perempuan merasa cantik. Kampanye Dove 'Real Beauty,Real Friends' dilakukan dalam bentuk lomba foto pertemanan sejati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pada tahap perhatian (atensi), pemahaman (interpretasi) dan sikap (attitude) khalayak terhadap Kampanye Dove “Real Beauty, Real Friends.” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi dari penelitian ini adalah peserta event lomba foto pesahabatan berjumlah 381 orang dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi khalayak terhadap Kampanye Dove ”Real Beauty Real Friends” yang diteliti menghasilkan gambaran yang bervariasi satu sama lain, hal ini dapat dilihat berdasarkan kategori-kategori jawaban yang berbeda pada tabel-tabel yang disajikan. Namun melihat dari keseluruhan analisis data maka persepsi khalayak terhadap Kampanye Dove ”Real Beauty Real Friends” adalah positif. Penulis menyarankan agar Dove lebih menggiatkan lagi kampanye-kampanye seperti ini, sehingga lebih menunjukkan citra brand yang positif dalam pencitraan kecantikan yang sesungguhnya (real beauty) ditengah stereotype kecantikan yang menyesatkan yang ada pada masyarakat kita. Juga akan lebih baik apabila Dove menggiatkan program kampanye yang lebih bersifat edukatif yang ditujukan pada khalayak remaja karena remaja adalah audience “masa depan” dan sebagaimana diketahui remaja adalah usia yang rentan terhadap terpaan informasi, sehingga diharapkan informasi yang edukatif yang diterima oleh mereka pada tahap dini akan lebih mencapai sasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 076
Call Number: SK/07/174 MAU p
NIM/NIDN Creators: 44205110056
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 10:40
Last Modified: 05 Mar 2025 07:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item View Item