ANALISA FAKTOR-FAKTOR KUNCI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SIX SIGMA PADA ETERINDO GROUP

Duhara, Dudung (2009) ANALISA FAKTOR-FAKTOR KUNCI KESUKSESAN IMPLEMENTASI SIX SIGMA PADA ETERINDO GROUP. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Tesis Full)
Tesis Komplit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

Six Sigma merupakan sebuah metodologi yang menghubungkan proses bisnis dengan persyaratan bisnis dan pelanggan, metode sistematik untuk mengeliminasi kesalahan dalam prosess, produk dan pelayanan; atau metode dalam mendesain proses baru, produk dan jasa yang mampu memenuhi persyaratan bisnis dan pelanggan. Konsep ini pertama diimplementasikan di Motorola pada decade tahun 1980-an untuk menurunkan jumlah kesalahan sampai 3.4 kesalahan dari satu juta peluang yang muncul. Banyak perusahaan telah melaporkan keuntungan yang signifikan sebagai dampak dari implementasi proyek Six Sigma, namun tidak sedikit yang gagal. Untuk dapat mengimplementasikan Six Sigma secara efektif dalam organisasi, diperlukan pemahaman terhadap faktor-faktor kunci kesuksesan implementasi program ini. Tujuan dari penelitian Tesis ini adalah mempelajari implementasi Six Sigma di perusahaan Eterindo Group dan menganalisis faktor-faktor kunci yang berkontribusi terhadap kesuksesan implementasi Six Sigma. Selain itu, juga menganalisis hambatan dan tantangan yang muncul, dan keuntungan yang didapat dari implementasi Six Sigma. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mendesain kuesioner penelitian dan pengumpulan data melalui email dan kunjungan penelitian. Pepoluasi dari penelitian ini adalah para Manager, Assistant Manager, Supervisor, dan Foreman yang telah mengimplementasikan Six Sigma di Wilayah Timur dan Barat. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa faktor-faktor kunci tersebut meliputi dimensi kualitas, diantaranya kualitas produk (komitmen manajemen puncak, komunikasi yang efektif, sistem insentif terkait dengan Six Sigma, manajemen perubahan dan manajemen proyek), kualitas proses (pemahaman terhadap metodologi Six Sigma, alat dan teknik, pelatihan karyawan, sistem pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur Six Sigma), dan kualitas organisasi (keterkaitan Six Sigma dengan strategi bisnis, keterkaitan Six Sigma dengan pelanggan, keterkaitan Six Sigma dengan pemasok, seleksi proyek, umpan balik dan monitoring, dukungan sistem teknologi informasi dan data). Kata Kunci : six sigma, faktor kunci, proses bisnis, kualitas. Six Sigma is a methodology that aligns core business processes with customer and business requirement, systematically eliminates defect from existing processes, product, and services, or design new process, product, and services that reliably and consistently meet customer and business requirements. The concept of implementing Six Sigma processes was pioneered at Motorola in the 1980s and the objective was to reduce the number of defects to as low as 3.4 parts per million opportunities. Many organizations have reported significant benefits as a result of six sigma project implementation, though not all are yet success stories. For the effective implementation of Six Sigma projects in organization’s, one must understand the critical success factors that will make the application successful. The aim of the research was to study the implementation of Six Sigma in Eterindo Group and to identify the critical factors which contribute to successful implementation of Six Sigma. It also aimed to highlight the common problems faced in Six Sigma implementation and investigate the significant benefits achieved by implementing Six Sigma. The research methodology included designing a research questionnaire and collecting data by email and personal visits. The population of the research consisted of Manager, Assistant Manager, Supervisor, and Foreman which are implementing or have implemented Six Sigma in East Area and West Area. The research concludes the supporting factors are product quality (Top Management Commitment, Effective Communication, Linking Incentive with Six Sigma, Change Management and Project Management), process quality (Understanding of Six Sigma methodology, tools and technique, employee education, human resources management system, and six sigma infrastructure) and organizational quality (Linking Six Sigma to business strategy, linking Six Sigma to customer, linking Six Sigma to supplier, project selection, review and monitoring, supporting of IT and data) Keywords : six sigma, critical success factor, business process, quality.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-09-007
NIM/NIDN Creators: 55307110001
Uncontrolled Keywords: six sigma, faktor kunci, proses bisnis, kualitas. six sigma, critical success factor, business process, quality. MTI, MAGISTER TEKNIK INDUSTRI
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 027 General Libraries, General Archives, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines/Perpustakaan, Kearsipan, Pusat Informasi untuk Disiplin Ilmu secara Umum > 027.6 Libraries for Special Groups and Organizations/Perpustakaan untuk Kelompok atau Organisasi Tertentu > 027.69 Libraries for Business and Industrial Organizatios/Perpustakaan untuk Organisasi Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 662 Technology Of Explosives, Fuels, Related Products, Firework, Pyrotechnics/Teknologi Industri Bahan Peledak,Bahan Bakar,Teknologi Petasan, Piroteknik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Jun 2010 10:22
Last Modified: 20 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26899

Actions (login required)

View Item View Item