PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO PERLENGKAPAN PROVINSI DKI JAKARTA

Latuconsina, Nurmansyah (2009) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIRO PERLENGKAPAN PROVINSI DKI JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Hal Cover)
cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang budaya organisasi, kecerdasan emosional dan kinerja pegawai pada Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 100 pegawai yang diambil dengan teknik acak sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan regresi dan korelasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa budaya oganisasi di Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta tergolong kurang baik, kecerdasan emosional dan kinerja pegawai tergolong rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kecerdasan emosional secara sendiri- sendiri dan bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta. Hal ini berarti semakin baik budaya organisasi dan semakin tinggi kecerdasan emosional, maka semakin tinggi kinerja pegawai. Berdasarkan temuan tersebut, maka budaya organisasi perlu diperbaiki dengan mengambil langkah konkrit untuk membangun budaya organisasi yang kuat. Manajemen harus mengidentifikasi nilai-nilai budaya yang akan dikembangkan dengan meminta masukan dan kesepakatan dari para pegawai. Para pegawai juga perlu diberi pengertian tentang pentingnya fungsi budaya organisasi untuk mengembangkan organisasi. Kecerdasan emosional pegawai perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan membaca buku dan literatur-literatur yang terkait dengan kecerdasan emosioal, menyimak acara-acara di televisi atau radio yang membincangkan tentang kecerdasan emosional dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang menyajikan materi tentang kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-183
NIM/NIDN Creators: 55106110050
Uncontrolled Keywords: MSDM, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jun 2010 11:23
Last Modified: 16 Jul 2022 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item View Item