KEMAMPUAN, MOTIVASI KERJA PEGAWAI, DAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA

Rasyuddin, Rizal (2009) KEMAMPUAN, MOTIVASI KERJA PEGAWAI, DAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian tentang Kemampuan, Motivasi Kerja Pegawai, dan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara terletak di Jalan Yos Sudarso No.27-29 Jakarta Utara. Penulis menggunakan metode survey yang bersifat assosiatif, dengan responden 98 pegawai dan 60 pengguna jasa pertanahan dan menggunakan Analisis Jalur. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pegawai terhadap kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Hal ini disebabkan karena proses penyelesaian kegiatan pelayanan dilingkungan Badan Pertanahan Nasional telah diatur dalam Standar Prosedur Operasi Pengaturan dan Pelayanan Pertanahan yang berlaku secara nasional, sehingga pola penyelesaian pekerjaan berdasarkan pada aturan tersebut. (2). Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Variabel motivasi kerja pegawai memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pertanahan. Motivasi kerja pegawai yang tinggi akan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan pertanahan. (3). Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, hanya ada pengaruh parsial tapi tidak simultan. Direkomendasikan : (1). Disarankan agar pimpinan Kantor Pertanahan Kota Admistrasi Jakarta Utara melakukan penguatan-penguatan sikap dan perilaku pegawai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan melalui diklat, profiling, atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi baik formal maupun informal sehingga pegawai dapat meningkatkan profesionalisme. (2). Upaya meningkatkan motivasi kerja pegawai dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam cara diantaranya menetapkan biaya operasional pelayanan pertanahan yang relistis dan disesuaikan berdasarkan kondisi wilayah setempat, menyediakan ruangan dan fasilitas kantor yang memadai, memberikan penghargaan terhadap pegawai yang berprestasi, mendengar keluhan pegawai, serta mencari jalan keluarnya, mempromosikan pegawai yang dipandang cukup untuk menduduki jabatan tertentu dan sebagainya. (3). Melibatkan masyarakat dalam mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara dengan menjalin komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis dalam bentuk saran dan masukan bagi pejabat ataupun pegawai yang ikut terlibat dalam kegiatan pelayanan pertanahan dengan menyediakan kotak saran.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-144
Call Number: TM/10/122
NIM/NIDN Creators: 55106120163
Uncontrolled Keywords: PENGAMBILAN KEPUTUSAN - KINERJA, msdm, manajemen sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 May 2010 15:28
Last Modified: 14 Jul 2022 07:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item