Analisis Faktor faktor Yang mempengaruhi Realisasi Anggaran Belanja Pemerintah (Studi Kasus Pada LPMP Prof. Banten)

Rachman, Abdur (2009) Analisis Faktor faktor Yang mempengaruhi Realisasi Anggaran Belanja Pemerintah (Studi Kasus Pada LPMP Prof. Banten). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Realisasi anggaran adalah suatu proses penggunaan sumber daya ekonomi, sebagai alat pengawasan dan evaluasi kinerja, dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Rendah realisasi anggaran pada semester pertama, akan membebani pekerjaan semester berikutnya, yang dapat berakibat pada menurunnya realisasi anggaran pada tahun anggaran yang bersangkutan. LPMP Propinsi Banten adalah salah satu unit pelaksanan teknis (UPT) pada Departemen Pendidikan Nasional yang memiliki fungsi dan tugas pemetaan, pengembangan, pengelolaan, supervisi dan fasilitasi sumberdaya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Alokasi anggaran didominasi belanja prioritas departemen pada jenis belanja bantuan sosial. Analisis dilakukan menggunakan metode deskriptif terdapat lima faktor utama yang mempengaruhi realisasi anggaran belanja pada LPMP Propinsi Banten, antara lain : Personil, data/bahan, manajemen, mekanisme dan kebijakan. Rekomendasi yang diberikan adalah perlu memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan prioritas, karena sangat potensial untuk meningkatkan realisasi anggaran, meningatkan koordinasi, terutama yang terkait dengan data dukung usulan pembayaran agar dapat disampaikan tepat waktu, memberdayakan semua pegawai yang ada agar beban kerja menjadi lebih ringan dan Pemberian penghargaan dan sanksi perlu dilakukan, untuk memotivasi pegawai meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-032
Call Number: TM/10/021
NIM/NIDN Creators: 55106110117
Uncontrolled Keywords: RISET BISNIS, mku, manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Feb 2010 11:42
Last Modified: 13 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item