DAMPAK KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI BIRO PERLENGKAPAN PROVINSI DKI JAKARTA

Herwanto, Sus (2009) DAMPAK KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI BIRO PERLENGKAPAN PROVINSI DKI JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
Bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik pekerjaan, kompensasi dan komitmen organisasi pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak karakteristik pekerjaan dan kompensasi terhadap komitmen organisasi Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta. Penelitian menggunakan metode survei dengan melibatkan sampel sebanyak 103 pegawai yang diambil secara random. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert dan dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum karakteristik pekerjaan di lingkungan Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta dipersepsi sesuai oleh para pegawai, kompensasi dinilai cukup memuaskan dan komitmen organisasi pegawai tergolong tinggi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa karakteristik pekerjaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,656 dan koefisien diterminasi (R2 ) = 0,431 (43,1%), kompensasi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,765 dan koefisien diterminasi (R2 ) = 0,585 (58,5%), serta karakteristik pekerjaan dan kompensasi secara bersama-sama memiliki dampak positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pegawai Biro Perlengkapan Provinsi DKI Jakarta dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,827 dan koefisien diterminasi (R2 ) = 0,684 (68,41%). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin sesuai karakteristik pekerjaan dan semakin memuaskan kompensasi bagi pegawai, maka semakin tinggi komitmen organisasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka karakteristik pekerjaan perlu diperbaiki melalui pengayaan pekerjaan dengan keterampilan-keterampilan yang bervariasi, menciptakan identitas tugas yang cukup pada setiap jenis pekerjaan, membuat setiap pekerjaan lebih bermakna bagi semua pihak, memberikan otonomi kerja yang cukup, dan memberikan penghargaan baik finansial maupun non finansial kepada para pegawai yang berprestasi dan berjasa bagi organisasi. Kompensasi juga perlu dikembangkan lebih lanjut dengan mengevaluasi masalah sistem gaji, insentif dan tunjangan yang selama ini diterapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-179
NIM/NIDN Creators: 55106110054
Uncontrolled Keywords: MSDM, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Feb 2010 11:20
Last Modified: 16 Jul 2022 06:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26786

Actions (login required)

View Item View Item