RANCANGAN SISTEM PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA (SELEKSI DAN PENEMPATAN) DI PT. TRI-M.G. INTRA ASIA AIRLINES

Mulyani, Muhran Agus (2009) RANCANGAN SISTEM PENARIKAN SUMBER DAYA MANUSIA (SELEKSI DAN PENEMPATAN) DI PT. TRI-M.G. INTRA ASIA AIRLINES. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Hal Cover)
cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
Bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)

Abstract

Karya Akhir ini diberi judul “Rancangan Sistem Penarikan Sumber Daya Manusia (Seleksi dan Penempatan) di PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines”. Rancangan ini dibuat berdasarkan masalah yang timbul selama ini di PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines terkait dengan salah penempatan SDM dan penarikan SDM yang tidak sesuai sebagaimana semestinya. Pembuatan rancangan ini melibatkan Manajemen tingkat atas, manajemen tingkat menengah dan sistem yang ada di PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines. Rancangan ini dibuat berkaitan dengan sistem penarikan SDM (penempatan dan seleksi) berdasarkan mekanisme yang terdiri dari rencana strategi perusahaan diinterpretasikan ke Perencanaan SDM dengan SDM yang dibutuhkan berdasarkan persayratan dan qualifikasi, Penarikan SDM, seleksi dan penempatan SDM serta pada akhirnya dapat ditemukan calon SDM yang berkualitas. Rancangan ini terdiri atas Pengumpulan Data Informasi yang didapatkan dari pimpinan tingkat atas dan tingkat menengah PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines dengan menggunakan Ahli Bidang Tertentu, Diskusi Kelompok Terfokus, dan Identifikasi Masalah dengan Tindakan Koreksi. Metode rancangan tersebut berisi analisis metode peluang, analisis metode persyaratan, analisis metode kaji ulang dan analisis metode verifikasi. Karya akhir ini juga didukung dengan proses pembuatan dan pengembangan rancangan yang dimulai dengan mekanisme proses rancangan, perencanaan sumber dan waktu, proses pelaksanaan rancangan dan proses estimasi dampak rancangan dan rancangan untuk perusahaan. Untuk hasil rancangan, rancangan tersebut dianalisis dengan menggunakan metode validasi, metode analisis peluang dan alur kerja rancangan. Perancang berdiskusi dengan Supervisor HRD, Manajer Operasi, Manajer Teknik dan Manajer Distrik dan selajutnya rancangan mendapat verifikasi dan validasi dari mereka. Perancang juga selanjutnya mendapatkan verifikasi dan validasi dari manajemen tingkat atas (VP. Operation & Technic and VP. GA & Finance). Rancangan tersebut memberikan nilai tambah kepada PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines dalam hal penarikan SDM terkhusus untuk penempatan dan seleksi agar mendapatkan calon SDM yang berkualitas sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Inilah yang menjadi alasan mengapa hasil rancangan tersebut direkomendasikan kepada manajemen PT. Tri-M.G. Intra Asia Airlines untuk diimplementasikan dan untuk dasar penelitian pengembangan selanjutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-149
Call Number: TM/10/001
NIM/NIDN Creators: 55106110095
Uncontrolled Keywords: msdm, manajemen sumber daya manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Feb 2010 10:35
Last Modified: 15 Jul 2022 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26775

Actions (login required)

View Item View Item