Efektivitas penggunaan media internal info kita thd kebutuhan informasi karyawan kompas gramedia palmerah jak-pus

Elisabet, Maria Jashinta (2009) Efektivitas penggunaan media internal info kita thd kebutuhan informasi karyawan kompas gramedia palmerah jak-pus. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (52kB)
[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (177kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Komunikasi di lingkungan kerja sangat berpengaruh pada karyawan di perusahaan, maka hubungan dengan karyawan harus tercipta dengan baik, agar karyawan dapat memberikan kinerja terbaik mereka pada perusahaan. Sekalipun kedudukan karyawan dalam pengambilan keputusan tidak besar, karyawan adalah orang yang paling banyak jumlahnya dalam perusahaan. Karena itu karyawan merupakan aset yang cukup penting bagi perusahaan. Untuk mendukung tercapainya cita-cita perusahaan, dan demi terciptanya komunikasi yang baik dan efektif dalam organisasi, maka diperlukan media internal perusahaan yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan publiknya, khususnya karyawan sebagai publik internal utama perusahaan. Salah satu bidang kerja departemen humas dalam sebuah perusahaan adalah mengelola media internal perusahaan. Kompas Gramedia sebagai sebuah perusahaan yang memulai usahanya di bidang media komunikasi juga memiliki sebuah media internal berbentuk majalah yang bernama “Info Kita”. Media internal “Info Kita” ini dikelola oleh lembaga humas Kompas Gramedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media internal “Info Kita” terhadap kebutuhan informasi karyawan Kompas Gramedia di Palmerah, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan teori Audit Komunikasi dari Gerald Goldhaber dan Donald Rogers, yang mengukur enam kriteria mengenai efektivitas media. Enam kriteria tersebut terdiri dari : penerima komunikasi (receiver), isi pesan (content), ketepatan waktu (timing), saluran (media), format kemasan (format) dan sumber (source). Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dengan distribusi frekuensi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistic Program for Social Science) Ver. 16 dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa topik penelitian ini adalah positif. Karena berdasarkan hasil jawaban responden diketahui bahwa total rata-rata jawaban responden adalah sebesar 3,71 (data SPSS terlampir) mendekati nilai Setuju (4). Ini berarti media internal “Info Kita” EFEKTIF sebagai media internal di perusahaan Kompas Gramedia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 009
Call Number: SK/09/416
NIM/NIDN Creators: 44207110017
Uncontrolled Keywords: media internal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Nov 2009 14:42
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item