ELISABET, MARIA JASHINTA (2009) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL "INFO KITA" TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN KOMPAS GRAMEDIA DI PALMERAH, JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET ABSTRAK.pdf Download (52kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET BAB1.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44207110017 MARIA JASHINTA ELISABET DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Komunikasi di lingkungan kerja sangat berpengaruh pada karyawan di perusahaan, maka hubungan dengan karyawan harus tercipta dengan baik, agar karyawan dapat memberikan kinerja terbaik mereka pada perusahaan. Sekalipun kedudukan karyawan dalam pengambilan keputusan tidak besar, karyawan adalah orang yang paling banyak jumlahnya dalam perusahaan. Karena itu karyawan merupakan aset yang cukup penting bagi perusahaan. Untuk mendukung tercapainya cita-cita perusahaan, dan demi terciptanya komunikasi yang baik dan efektif dalam organisasi, maka diperlukan media internal perusahaan yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dengan publiknya, khususnya karyawan sebagai publik internal utama perusahaan. Salah satu bidang kerja departemen humas dalam sebuah perusahaan adalah mengelola media internal perusahaan. Kompas Gramedia sebagai sebuah perusahaan yang memulai usahanya di bidang media komunikasi juga memiliki sebuah media internal berbentuk majalah yang bernama “Info Kita”. Media internal “Info Kita” ini dikelola oleh lembaga humas Kompas Gramedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media internal “Info Kita” terhadap kebutuhan informasi karyawan Kompas Gramedia di Palmerah, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan teori Audit Komunikasi dari Gerald Goldhaber dan Donald Rogers, yang mengukur enam kriteria mengenai efektivitas media. Enam kriteria tersebut terdiri dari : penerima komunikasi (receiver), isi pesan (content), ketepatan waktu (timing), saluran (media), format kemasan (format) dan sumber (source). Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dengan distribusi frekuensi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistic Program for Social Science) Ver. 16 dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa topik penelitian ini adalah positif. Karena berdasarkan hasil jawaban responden diketahui bahwa total rata-rata jawaban responden adalah sebesar 3,71 (data SPSS terlampir) mendekati nilai Setuju (4). Ini berarti media internal “Info Kita” EFEKTIF sebagai media internal di perusahaan Kompas Gramedia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 009 |
Call Number: | SK/09/416 |
NIM/NIDN Creators: | 44207110017 |
Uncontrolled Keywords: | media internal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Nov 2009 14:42 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:51 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |