KUMBORO, VILAN (2010) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN FILM KARTUN NARUTO DI GLOBAL TV TERHADAP SISWA/I DI SDN KARANGSARI 2, TANGERANG, BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER..pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
Abstract
Komunikasi massa adalah sebagian dari bentuk-bentuk ilmu komunikasi, salah satu ciri yang membedakan komunikasi massa dengan komunikasi lainnya yaitu penggunaan media sebagai alat penyampai pesannya. Salah satu media komunikasi massa adalah televisi yang banyak menayangkan berbagai macam acara. Pada dasarnya apa saja bisa dijadikan program untuk ditayangkan ditelevisi selama program itu menarik dan disukai audien, karena khalayak merupakan merupakan tujuan utama dibuatnya sebuah program acara, yang pada akhirnya acara itu akan menimbulkan dampak atau efek tersendiri terhadap khalayaknya. Efek yang disebarkan oleh komunikator melalui media massa timbul pada komunikan yang pada hal ini sebagai sasaran dari komunikasi. Berdasarkan latar belakang diatas dirumuskan dalam penelitian yaitu bagaimana efek tayangan film “Kartun Naruto” terhadap pengetahuan dan sikap siswa-siswi SDN KARANG SARI 2 Tangerang,Banten. Karena diantara film kartun lainnya seperti Sensaia, film “Kartun Naruto” ini mampu menarik perhatian pemirsanya. Penulis memilih efek sebagai hal yang diteliti. Efek adalah sesuatu yang timbul ketika seseorang menerima dan terpengaruh akan suatu hal maupun pesan yang telah disampaikan oleh komunikator Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek kepada pemirsa terhadap film “Kartun Naruto” yang ditayangkan di Global TV yang ditayangkan setiap hari , pukul 18.00 sampai 19.00 WIB. Penelitian ini menggunakan teori jarum hipodermik yakni yang mengumpamakan pesan yang disampaikan kepada komunikan seperti obat yang disuntikkan kedalam tubuh seseorang yang akan menghasilkan efek tertentu. Teori ini dianggap relevan karena film Kurtun Naruto mempunyai efek yang signifikan terhadap khalayaknya. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey. Data diperoleh di sekolah SDN KARANG SARI 2 Tangerang,Banten sebanyak 84 responden. Dan data primer diperoleh dengan kuisioner dan diolah menggunakan tekhnik purpossive sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton film “Kartun Naruto”. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini pada tahap efek kognitif sebanyak 99% responden memiliki pengetahuan tinggi. Pada tahap efek afektif sebesar 99% responden memberikap sikap yang Baik terhadap hal-hal yang mewakilkan karakter tokoh dan pesan dari film “Kartun Naruto”. Sedangkan saran yang diberikan untuk film “Kartun Naruto” adalah Bimbingan orang tua sangat dibutuhkan dalam menyaksikan tayangan televisi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 162 |
Call Number: | SK/41/10/053 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010127 |
Uncontrolled Keywords: | KOGNITIF DAN AFEKTIF |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 May 2010 14:53 |
Last Modified: | 24 May 2025 06:59 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |